free page hit counter

Pelaku UMKM Diajari Bagaimana Ekspor Produk dengan Benar

Loading...

Suarasiber.com – Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau bersama KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun menyelenggarakan Kelas Kepabeanan terkait tatalaksana ekspor, Kamis (18/3/2021).

Namun ekspor di sini dikhususkan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Kegiatan berlangsung di Aula H K Irooth, Kanwil Bea Cukai Kepri.

Tema yang diangkat ialah UMKM Pelopor, Bijak dalam Berekspor, dengan fokus materi mewujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Peserta antusias mengikuti pelatihan ini dengan harapan bisa melakukan ekspor produknya dengan tata cara benar.

Dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir 14.00 WIB, panitia mengundang sejumlah narasumber.

Mereka adalah Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Awaluddin; perwakilan dari KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun terdiri dari Frenky Sahat Binsar Sitompul, Devi Mahinzon dan Trisman Gea.

Para peserta dijelaskan jika anggaran PEN yang diberikan pada tahun 2021 yaitu sebesar Rp 688,3 Triliun. Sebesar Rp187,17 Trilun dianggarkan untuk memberi dukungan terhadap UMKM dan pembiayaan korporasi.

Sementara yang 53,86 Triliun untuk insentif usaha.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia selama satu tahun lebih.

Diharapkan Kelas Kepabeanan dari Bea Cukai Kepri dapat membantu dalam proses pemulihan kondisi perekonomian di Indonesia. (adi)

Loading...