Calon Penumpang Wings Air Buka Jendela Darurat Pesawat, Ini Akibatnya

Loading...

Suarasiber.com – Akibat ulah seorang calon penumpang yang membuka pintu darurat, keberangkatan Wings Air Kualanamu – Binaka telat.

Kejadian ini terjadi di pesawat Wings Air IW-1248 rute Bandara Kualanamu tujuan Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Sumatera Utara. Semua penumpang pun diturunkan dan penumpang bersangkutan diperiksa pihak keamanan.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, kepada wartawan, Minggu (7/3/2021) menjelaskan hal itu.

Menurutnya, kejadian itu dilakukan calon penumpang laki-laki, HS (29) yang mendapat kursi 3A.

“Saat itu proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat. Tiba-tiba ia membuka jendela darurat (emergency exit window),” kata Danang, dikutip dari detik.com.

Dia mengatakan pesawat jenis ATR 72-500 dengan nomor registrasi PK-WFO tersebut seharusnya berangkat pada pukul 08.45 WIB. Ada 44 orang penumpang serta empat awak yang ada dalam pesawat tersebut.

HS kemudian diserahkan kepada petugas keamanan bandara (aviation security). Petugas layanan darat kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pesawat.

Danang mengingatkan para penumpang agar mematuhi aturan dan tidak melakukan tindakan yang mengganggu keamanan serta kenyamanan. Penumpang yang melanggar aturan akan diberi sanksi tegas.

“Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/disruptive passenger akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekuensi hukum,” ucapnya. (mat)

Loading...