Kasus Covid-19 di China Melonjak Hampir Dua Kali Lipat

Loading...

Suarasiber.com – Jumlah warga China yang terpapar Covid-19 dikabarkan meningkat hampir dua kali lipat. Kebanyakan kasus dari Hebei, provinsi di sekitar Beijing.

Otoritas setempat kini mulai membatasi perjalanan setelah mendeteksi 20 kasus awal pekan ini.

Seperti dilansir dari Al Jazeera, Hebei yang berjarak 300 km selatan Beijing menyumbang 51 dari 52 kasus baru Corona yang ditularkan secara lokal dan dilaporkan oleh Komisi Kesehatan Nasional pada hari Kamis (7/01/2021).

Media pemerintah menyebutkan 50 dari kasus itu terjadi di Ibu Kota Provinsi Hebei, Shijiazhuang. Kota ini memiliki 11 juta penduduk.

Kini sekolah ditutup, melarang kerumunan, dan menghentikan sementara layanan bus dan kereta.

China Daily yang merupakan media massa milik pemerintah mengabarkan sejauh ini sekitar dua juta sampel telah dikumpulkan dari penduduk dan 600.000 telah diuji.

Total kasus Covid-19 baru di seluruh China mencapai 63 kasus, dibandingkan dengan 32 kasus yang menjadi jumlah tertinggi dalam satu hari sejak bulan Juli. Jumlah pasien Corona tanpa gejala juga naik menjadi 79 dari total 64 pasien.

Guna mencegah penyebaran virus keluar kota, jalan raya utama menuju Shijiazhuang telah ditutup. Sementara surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa tiket kereta api dari Hebei ke Beijing tidak lagi dijual. (mat)

Loading...