Dalmasri: Terobosan Pak AWe Akan Bawa Perubahan Nelayan di Kepri

Loading...

Suarasiberdotcom – Perairan Bintan kembali menjadi tempat uji coba kapal nelayan bertenaga surya (solar cell). Uji coba ini dilakukan oleh Yayasan Amanah Kita (YAK) .

Uji coba pertama kapal non Bahan Bakar Minyak (BBM) itu, dilakukan di pelabuhan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan Utara oleh Gubernur Kepri, Isdianto, Minggu (6/12/2020).

Uji coba kedua dilakukan di Pelabuhan Sei Enam, Kijang, Bintan Timur oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam didampingi Dewan Penyantun YAK, Alias Wello, Senin (7/12/2020).

Dalmasri dan Alias Wello tampak bersama di atas pompong tenaga surya 1 GT yang dipersiapkan sebagai sarana transportasi nelayan melaut.

“Alhamdulillah, hari ini kita menyaksikan sejarah baru untuk memajukan dan menyejahterakan nelayan di Bintan,” ucap Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam kepada wartawan.

Ia mengakui, nelayan di Bintan jumlahnya cukup besar dan mereka membutuhkan teknologi terbarukan agar bisa melaut dengan aman dan nyaman.

Dengan kapal solar cell, para nelayan di Bintan di masa mendatang tak akan sibuk dengan kelangkaan BBM yang selama ini kerap melanda.

“Jawabannya ada pada kapal solar cell ini. Ke depan para nelayan Bintan tak sibuk mencari BBM lagi, kalau mereka sudah menggunakan kapal tenaga surya, dan ini membuat mereka lebih sejahtera,” paparnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Dalmasri mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum YAK Hartono Alimin, khususnya kepada Anggota Dewan Penyantun YAK, Alias Wello.

“Terobosan Pak Alias Wello dan Pak Hartono ini akan membawa perubahan bagi nelayan-nelayan di Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan,” kata Dalmasri. (mat)

Loading...