Soerya – Iman Jadi Pilihan Warga Batak di Tanjungpinang pada Pilgub Kepri 2020

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Warga Batak yang berdiam di Kota Tanjungpinanang akan memberikan hak politiknya dengan memilih pasangan Soerya – Iman sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada Pilkada nanti.

Pernyataan dukungan kepada paslon yang memakai jargon SInergi (Soerya – Energi Kepri) itu, dideklarasikan pada acara silaturahmi antara warga Batak yang membawa nama Parsahutaon Masyarakat Batak Bersatu Tanjungpinang, bersama Cagub Soerya Respationo, di Restoran Suka Ramai, Batu 5, Tanjungpinang, Jumat (9/10/2020) malam.

“Pak Soerya, kami di sini, masyarakat Batak Tanjungpinang telah sepakat untuk mendukung Pak Soerya Respationo dan Pak Iman Sutiawan di Pilkada Kepri, agar menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” tegas Ketua Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang, S.O Simangunsong, dalam sambutannya.

Pernyataan ini langsung disambut tepuk tangan riuh dari peserta yang hadir. Soerya didampingi tim pemenangan. Hadir juga Lis Darmansyah.

Ditambahkan Simangunsong, sebagaimana adat warga Batak untuk mengambil keputusan melalui proses panjang. Bukan serta merta dan begitu saja.

Awalnya, dengan membentuk komunitas Parsahutaon Masyarakat Batak Tanjungpinang. “Dan, saya sendiri disepakati sebagai ketuanya,” katanya.

Sebenarnya, orang batak di Tanjungpinang punya organisasi resmi yaitu Rumpun Batak Bersatu (RBB). “Namun pengurusnya rata-rata ASN, Pak Soerya. Makanya, diputuskan untuk membentuk komunitas Parsahutaon ini,” ujar Mangunsong.

Setelah itu, dilakukan musyawarah dengan melibatkan para pengurus dan tokoh-tokoh masyarakat dari parsahutaon-parsahutaon (perkumpulan) orang batak yang ada di Tanjungpinang.

“Dan, akhirnya diputuskan, dan kami masyarakat batak Tanjungpinang sudah sepakat mendukung Bapak Soerya dan Bapak Iman di Pilkada Kepri 2020,” ucap Mangunsong.

Ia menyebutkan, dari pendataan di internal Parsahutaon, bahwa jumlah warga batak di Tanjungpinang berkisar 3.900 kepala keluarga (KK). “Yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 9.000 jiwa, dan semuanya sudah satu suara mendukung Pak Soerya dan Pak Iman di Pilgub Kepri,” terang Mangunsong.

Bahkan Terhadap dukungan ke Paslon SInergi, kata Mangunsong, pihaknya telah menyampaikan pilihan tersebut ke seluruh masyarakat batak melalui surat resmi dari pengurus Parsahutaon.

“Harapan kami, semoga Pak Soerya dan Pak Iman terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Kepri,” katanya, yang disambut tepuk tangan dan seruan meriah.(mat)

Loading...