free page hit counter

Jika Terpilih, Alias Wello Pastikan Nelayan Bintan Terlindungi Asuransi

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Calon Bupati Bintan, Alias Wello memastikan, jika terpilih sebagai Bupati Bintan pada Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 mendatang, semua nelayan tradisional di Kabupaten Bintan terlindungi asuransi.

“Kalau soal asuransi nelayan, saya tutup mata aja. Sebab, saya sudah punya pengalaman manis mengasuransikan 8 ribu nelayan di Lingga,” tegas Alias Wello, Selasa (29/9/2020).

Penegasan itu disampaikan Alias Wello saat menerima Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Bintan, Syukur Harianto bersama jajaran pengurus lainnya.

Menurut pria yang akrab disapa AWe itu, sebetulnya jumlah nelayan Lingga yang sudah dilindungi asuransi ada 10 ribu orang. Sebab ada 2 ribu lainnya diasuransikan melalui APBN.

“Soal komitmen, jangan ragu lagi. Sekali lagi, soal asuransi nelayan di Bintan, saya pastikan ada seperti di Lingga,” katanya.

Sementara itu, Ketua KNTI Bintan, Syukur Harianto mengaku sudah lama mendengar sepak terjang AWe dalam memproteksi keselamatan nelayan tradisional di Lingga.

“Kami sudah lama dengar bagaimana pak AWe melindungi nelayannya melalui asuransi di Lingga. Makanya, kami ingin konfirmasi langsung. Beda sekali dengan Bintan,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Buyung Adli itu berharap, pemimpin Bintan ke depan memiliki kepekaan terhadap nasib para nelayan tradisional.

“Pada tahun 2018 lalu, masih ada 2.000 orang nelayan Bintan yang diasuransikan. Meskipun anggarannya dari APBN. Tapi, sejak tahun 2019 sampai saat ini, sudah tak ada sama sekali,” katanya.

Buyung yang saat ini juga menjabat sebagai Plt. Ketua KNTI Provinsi Kepri mengatakan, berdasarkan data tahun 2017, jumlah nelayan di Bintan mencapai 13.361 orang.

“Diperkirakan, ada kenaikan sekitar 15 persen atau 2.000 orang. Jadi, tahun ini jumlah nelayan kita sekitar 15.365 orang,” bebernya. (mat) 

Loading...