Ratusan TKA Asal China Datang dan Bekerja di PT BAI, Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sekitar 300-an orang Tenaga Kerja Asing asal China dijadwalkan tiba di Tanjungpinang, Sabtu (8/8/2020) dan setelahnya. Mereka akan bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia, Bintan.

Di antara ratusan orang naker asal China itu, terdapat sekitar 27 orang pemuda Bintan, yang disekolahkan atau dididik khusus di China. Untuk bekerja di PT BAI.

Informasi yang diperoleh redaksi suarasiber.com, ratusan orang TKA itu akan datang dalam dua gelombang. Ada yang terbang langsung dari China. Dan, ada yang terbang dari Jakarta.

Kadisnaker Bintan Indra Hidayat saat dikonfirmasi, membenarkan hal itu.

Menurut Indra, seluruh TKA dari China itu, termasuk pemuda Bintan yang sudah selesai pendidikan, akan langsung dikarantina mandiri di lingkungan PT BAI.

Indra menambahkan, para pekerja China itu seluruhnya adalah ahli konstruksi dan konsultan. Mereka yang akan merakit mesin-mesin produksi di lingkungan PT BAI.

“Mereka hanya bekerja selama beberapa bulan dan saat bekerja mereka didampingi pekerja tempatan. Sehingga, terjadi proses alih teknologi.

Dan, saat mereka kembali ke China, pekerja tempatan yang akan melanjutkannya,” kata Indra Hidayat.

Menjawab soal perizinan dari imigrasi dan kementerian terkait, Indra menjawab seluruhnya sudah lengkap. Dan, kedatangan mereka juga sudah dikoordinasikan dengan semua aparatur keamanan ketertiban. (mat)

Loading...