Pencurian Ikan Marak di Laut Natuna Utara, KRI Yos Sudarso Tangkap 2 Kapal Vietnam

Loading...

NATUNA (suarasiber) – Dua unit kapal ikan asing berbendera Vietnam beserta 10 kru kapal, ditangkap KRI Yos Sudarso 353, saat operasi rutin pengamanan Laut Natuna Utara, Jumat (17/7/2020) sekitar pukul 14.00.

Kedua kapal bernomor lambung BV 0274 TS dan BV 0887 TS, dipergoki tengah mencuri ikan di perairan Pulau Laut, sekitar 20 Nautical Mile (NM) Utara Pulau Sekatung.

Ini adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Posisi kapal itu sangat dekat dengan Pulau Laut.

“Sehingga sebenarnya terlihat sangat nyata oleh nelayan kita yang sedang melaut,” kata Asintel Guspurla Koarmada I, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Komandan KRI Yos Sudarso 353, Letkol Laut (P) Maman Nurachman, tidak ada perlawanan dari kru kapal saat ditangkap. Karena, mereka sedang sibuk menarik jaring ikan.

“Kita laporkan dan koordinasi kepada Guspurla Koarmada I, diperintahkan untuk dibawa ke Lanal Ranai. Untuk penanganan lebih lanjut,” papar Maman.

Ini adalah penangkapan KIA Vietnam yang ketiga kalinya dalam sebulan oleh RNI AL melalui Guspurla Koarmada di perairan Natuna.

Menyikapi masih maraknya pencurian ikan dan adanya konflik di Laut Natuna Utara, Ivong Wicaksono Wibowo, mengatakan
nelayan Indonesia (Natuna) tidak perlu takut. Juga tak perlu khawatir menangkap ikan.

“Guspurla Koarmada I akan selalu hadir di laut. Untuk menegakkan hukum dan kedaulatan di laut.

Sekaligus, memberi rasa aman kepada para pengguna jasa di laut,” tegas Ivong, sebagaimana dirilis Kadispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay. (mat)

Loading...