Ingat! Tetap Gunakan Protokol Kesehatan di Pembagian Sembako

Loading...

Oleh: Shahril Budiman

Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, Stisipol Raja Haji Tanjungpinang

Distribusi sembako murah yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang, untuk meringankan beban kebutuhan rumah tangga mulai dilakukan. Sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemik Covid-19.

Namun sangat disayangkan, jika sebagian pendistribusian yang dilakukan dibeberapa kantor pemerintah malah mengabaikan protokol kesehatan. Yang sejatinya menjadi standar operasional prosedur pelaksanaan kerja-kerja pemerintah.

Sebagaimana yang diamanatkan. Pada saat dorongan untuk memutus mata rantai pandemik Covid-19 melalui jaga jarak (Physical Distancing).

Memastikan kebutuhan hidup masyarakat tetap terjaga memang merupakan kewajiban pemerintah, di beberapa daerah telah menetapkan beberapa pola pendataan dan verifikasi terhadap masyarakat.

Pola pendistribusian yang dilakukan juga mesti mengikuti protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan masyarakat yang berbondong-bondong hadir agar mendapatkan bantuan.

Ini penting diperhatikan karena keberhasilan menekan angka penderita virus corona bergantung kepada kepatuhan semua khalayak.

Merujuk kepada panduan bacaan kementrian kesehatan serta kejadian di seantero negara di dunia tentang pola penyebaran virus corona, mestinya kita mewaspadai kontak fisik yang bisa menyebabkan transmisi lokal maupun transmisi komunitas.

Terlebih lagi belum massive-nya test massal yang dilakukan pemerintah saat ini.
Kita juga tak ingin kerja-kerja pemulihan kehidupan akan terasa lebih berat jika kepatuhan tidak dilakukan secara bersama.

Apalagi pandemik ini tidak hanya menyerang fisik namun psikis kondisi kehidupan masyarakat ikut terinfeksi virus ini.

Pemko Tanjungpinang mesti cermat melakukan proses pendistribusian sembako dengan merancang pola tertentu. Pemberian informasi juga mesti lebih sering kepada masyarakat, agar pemahaman pendistribusian tidak menimbulkan kekecewaan publik.

Kita sama-sama berang, jika saat standar kepatuhan protokol kesehatan yang dimaklumkan kepada publik malah kemudian dilanggar oleh pemerintah.

Sama-sama menyelamatkan nyawa warga negara Pemerintah Kota Tanjungpinang mesti mengatur taktik agar distribusi sembako murah tak memurahkan penyebaran covid-19 di tanah gurindam ini. (*) 

Loading...