Begini Cara Buat Sticker Idul Fitri Sendiri di WA

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Salah satu fasilitas yang diberikan oleh WhatsApp ialah mempersilakan penggunanya menciptakan sendiri sticker sesuai kebutuhan. Untuk kepentingan berlebaran di WhatsApp, apakah ada yang ingin tahu bagaimana cara membuat sticker?

Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh baik di iPhone atau Android. Kali ini suarasiber akan membongkar teknik paling mudah yang bisa Anda praktikkan sendiri. Dengan demikian percakapan Anda dengan teman-teman atau di grup WA terasa lebih menyenangkan saat Anda sisipi sticker Idul Fitri made in sendiri.

Pertama carilah aplikasi wemoji, bentuknya mirip logo WhatsApp namun bagian dalamnya ada dua mata dengan mulut tertawa lebar. Setelah ketemu klik dan instal. Oh, ya, yang saya jelaskan di sini untuk pengguna Android.

Selain sticker berupa teks, juga bisa dilengkapi gambar. Foto – whatsapp

Berikutnya bukalah aplikasi Wemoji, jika diminta untuk mendaftar lakukan saja dengan email yang aktif.

Beranda Wemoji adalah logo di tengah, kanan atas pengaturan, bawah kiri tanda plus (Create Sticker) dan bawah kanan wajah manusia (My Stickers).

Kalau mau membuat sticker baru, klik Create Sticker. Kalau ingin melihat koleksi sticker yang pernah Abda buat klik My Sticker.

Oke, kita pilih Create Sticker maka alan dilarikan ke halaman baru. Klik tanda + untuk mengambil gambar yang akan dijadikan sticker. Pastikan di bagian bawah logo gunting (Cut) sudah aktif.

Pilihlah gambarnya, lalu ada tiga pilihan crop atau memotong bentuk sticker. Ada kotak (Square Crop), lingkaran (Circle Crop) dan gunting (Free Hand Crop).

Gunakan Free Hand Crop, maka gambar akan ditampilkan di atasnya. Silakan perbesar untuk memudahkan pemotongan mengikuti tepi bentuk gambar. Saat memperbesar, gunakan tanda Zoom, untuk menggesar gunakan jemari. Mulailah memotong dengan klik gambar gunting, lakukan sampai semua tepi sudah terbentuk garis putus-putus.

Lalu save, maka gambar yang sudah dicrop tepinya langsung muncul di halaman pengaturan. Tambahkan foto, emoji, sticker atau teks.

Pilih teks lalu tulislah kalimat apa yang ingin Anda tampilkan bersama gambar yang sudah dicrop. Misalnya Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1421 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Pilihlah jenis hurufnya yang sesuai.

Di sebelah huruf A ada garis yang bisa digeser bulatannya. Itu adalah pengatur ketebalan outline atau garis luar huruf. Untuk membuat outline lebih tipis, geser slider ke kiri dan sebaliknya.

Di atas slider tadi ada 2 logo huruf A. Huruf A pertama untuk warna huruf, huruf A kedua untuk warna garis tepi atau outline huruf.

Jika sudah save maka otomatis sticker buatan sendiri akan tersimpan di WhatsApp.

Untuk menggunakannya mudah, bukalah chat WhatsApp. Pilih kontak yang ingin dikirimi sticker buatan sendiri tadi.

Di sebelah kiri kotak penulisan teks ada logo wajah, klik saja maka akan muncul banyak pilihan. Lihat paling bawah, di sebelah kanan logo kaca pencarian. Ada tiga pilihan, gambar wajah, gif atau animasi dan lampiran. Klik lampiran maka akan muncul hasil karya Anda, klik saja maka sticker made in sendiri pun terkirim ke dinding teman.

Semoga berguna dan selamat berlebaran. (man)

Loading...