Panduan Mencari Backlink Berkualitas untuk Blog Kita

Loading...

Mencari backlink berkualitas hampir dilakukan oleh setiap blogger yang ingin kontennya mendapatkan pengakuan dari Google.

Lama nggak nulis di kolom ini rasanya kok ada yang kurang, apakah sobat juga merasakannya? Seperti tagline suarasiber.com yaitu situs berita zaman now, kalian kaum milenial kudu tahu banyak wawasan. Salah satunya soal blogging, bagi yang memang menyukainya.

Sobat pasti tahu jika membuat blog tak melulu soal membeli doman lalu menyewa hosting. Yang banyak dikupas oleh para blogger, baik yang sudah mastah maupun pemula bahkan sangat pemula seperti saya ini, adalah soal konten. Bertebaran artikel yang memberikan gambaran bagaimana kiat membuat konten berkualitas.

Namun kali ini saya tidak menambah daftar artikel soal konten tadi. Saya hanya ingin menuliskan soal backlink yang berkualitas. Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website atau blog di penelusuran mesin pencari. Oh, berarti penting ya menguasai teknik mencari backlink.

Reputasi yang Baik

Sebenarnya tak terlalu sulit bagi sobat untuk menemukan apakah sebuah blog pantas dijadikan referensi backlink untuk blog kita. Ya jangan baca ujungnya saja, judulnya saja atau grafisnya saja. Jangan lihat seseorang hanya dari pakaiannya, nah itu bagus untuk dijadikan pedoman.

Bacalah sebuah blog secara cermat, lalu coba nilai adakah isinya yang di luar aturan. Aturan di sini bisa disaring, apakah sudah lolos sebagai artikel yang tidak mengandung suku, agama, antar golongan dan ras. Atau menyinggung nyinggung pornografi dan sebagainya.

User Friendly

Wajar dong sobat memilah dan memilih sebuah blog atau website untuk manautkan baclink. Yang kedua adalah cek apakah ia user friendly atau termasuk blog dengan struktur halaman yang rumit. Mudah itu akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Bahkan saat sebuah artikel selesai dibaca, akan mencari artikel lainnya karena merasa ketagihan.

Baca Juga cara mengatasi error breadcumb di blog

Sementara blog yang rumit, terlalu banyak widget atau pernak-pernik akan membuat pengunjung melongok sebentar lalu ngeloyor pergi. Ibarat kalian kaum lelaki milenial, melihat seorang gadis cantik dengan aksesoris seperlunya dan sikapnya yang elegen, pasti berdehem dehem bukan?

Sementara melihat mereka yang over aksesoris, terlalu dibuat-buat gayanya justru akan membuat kalian kurang begitu respon.

DA, PA, Alexa dan Google Site

Yang juga tak kalah penting untuk menemukan blog berkualitas sebagai rujukan backlink ialah Domain Authority (DA), Page Authority (PA), Alexa dan Google Site. Mencari backlink berkualitas memang membutuhkan waktu dan kesabaran.

Perlu sobat ketahui, Google sebenarnya cukup baik memberikan syarat backlink agar blog sobat tidak dibuang oleh para pembaca. Salah memilih backlink bisa membuat reputasi blog sobat merosot. Duh, capek-capek ngetik setiap malam kok visitornya nggak naik-naik.

Kategorinya Terkait

Tips mencari backlink berkualitas selanjutnya ialah usahakan agar blog tersebut tak terlalu jauh berbeda kontennya dengan punya sobat. Jangan dipaksakan, misalnya konten blog sobat tentang kesehatan, lantas menautkannya dengan blog yang artikelnya bagus tetapi tentang musik.

Intinya menurut saya, mencari backlink yang bagus juga harus dilakukan dengan cara yang bagus. Grusa-grusu, nabrak-nabrak dan asal pasang backlink hanya akan menimbulkan penyesalan pada hati sobat kelak di kemudian hari.

Hindari Blackhat

Nah ini yang jangan dilanggar. Kalau rambu-rambu yang bagian ini tandanya merah menyala. Bila sobat menanamkan baclink di blog sobat ke blog yang sudah dikenai penalti Google lantaran aksi blackhatnya, siap-siap saja blog sobat menerima akibatnya.

Demikian artikel sederhana tentang mencari backlink berkualitas, semoga bisa menjadi masukan yang berguna. Selamat ngeblog. ***

Loading...