Corona Makin Mewabah, ASN Malah Makin Candu Bikin Rapat

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Meski sudah ada ASN yang terpapar virus corona dan meninggal dunia. Bahkan, Wako Tanjungpinang pun positif terjangkit covid-19. Tapi, hingga kini sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) masih terus berkantor.

Tak hanya ASN yang bertugas di lapangan, yang duduk di kantor pun masih terus masuk kantor.

Seperti di kantor Gubkepri di Dompak, di Kantor Wako Tanjungpinang di Senggarang dan kantor Bupati Bintan di Bintan Buyu.

Tak cuma itu, ASN terkesan semakin kecanduan menggelar rapat tanpa menggunakan video conference (vicon).

Begitu juga di dewan, masih ada rapat-rapat komisi. Padahal, pemerintah (eksekutif dan legislatif) adalah teladan bagi masyarakat. 
Tak heran jika sulit mendisiplinkan masyarakat. Karena, pemerintah sendiri yang rajin melanggarnya.

Padahal, Presiden Joko Widodo pun berulangkali mengimbau bekerja di rumah, sekolah di rumah, beribadah di rumah.

Jokowi juga menyontohkan bekerja dan rapat dengan vicon. Dan, Maklumat Kapolri juga sudah menegaskan larangan segala bentuk kerumunan.

“Rapat-rapat itu juga termasuk menimbulkan kerumunan. Makanya disuruh pakai vicon. Sah kok hasilnya.

Sidang di pengadilan pun sudah pakai vicon,” kata praktisi hukum Dr Edy Rustandi SH MH kepada suarasiber.com, Senin (13/4/2020).

Memang benar, ujar Edy, sekarang sudah digilir piket masuk kantor. Tapi tetap saja ada rapat, yang harusnya bisa diselesaikan melalui vicon.

“Sangat ditentukan oleh kesadaran para kepala dinas, badan atau kantor. Mereka harus bisa memberikan teladan dan edukasi.

Bukan hanya ke bawahan tapi juga ke masyarakat. Ini soal nyawa jangan dibawa main-main,” tegas Edy, yang mendoakan kesembuhan Wako Tanjungpinang. (mat)

Loading...