Prediksi Liverpool vs Atletico Madrid di Liga Champions, Uji Sakti Catenaccio dengan Gegenpressing

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Liverpool akan menjamu Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (12/3/2020) pukul 03.00 di Anfield Stadium.

Di pertemuan leg pertama, Liverpool kalah tipis 0 – 1 di kandang Atletico Madrid, Wanda Metropolitano. Kekalahan yang merugikan The Reds.

Padahal, di laga itu menguasai bola hingga 73 persen dan melepas 726 kali umpan dengan akurasi mencapai 85 persen. Dan, melepaskan 8 tendangan ke gawang Atletico. Tapi, tak sebiji pun yang on target.

Sebaliknya, anak asuh Diego Simeone di leg pertama itu mampu melepaskan 7 tendangan ke gawang, 2 on target dan berbuah 1 gol.

Padahal, Atletico hanya menguasai bola 27 persen, melepas 276 umpan dengan akurasi cuma 67 persen.

Stastistik itu menjadi cermin tangguhnya barisan pertahanan Atletico Madrid. Strategi bertahan rapat disertai serangan balik cepat ala catenacio Italia.

Dengan strategi itu, Italia mengalahkan Jogo Bonito Brasil dengan skor 3 – 2 di semi final Piala Dunia Spanyol tahun 1982. Laga terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia.

Italia akhirnya jadi juara dunia setelah mengempaskan Jerman Barat 3 – 1 di final.

Strategi Italia di tahun 1982 itu, diterapkan dengan baik oleh Atletico Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Atletico diprediksi akan menggunakan lagi strategi itu di leg kedua di Anfield Stadium. Apalagi, mereka sudah unggul 1 – 0. Mereka hanya perlu hasil seri atau kalah dengan selisih tak lebih dari 1 gol.

Artinya, jika kalah 1 – 2 atau 2 – 3, mereka bakal tetap melenggang ke babak 8 besar. Liverpool dituntut menang dengan selisih minimal 2 gol. Jika, ingin lolos ke babak 8 besar.

Liverpool punya peluang lolos mengingat laga versus Barcelona musim lalu di Liga Champions. Kalah 0 – 3 dibalas menang 4 – 0 di Anfield.

Namun, karakter Barcelona berbeda sangat jauh dengan Atletico. Barcelona penganut permainan terbuka. Sedangkan Atletico bermain praktis.

Jurgen Klopp sangat paham hal itu. Strategi gegenpressing akan digunakan lagi, serang habis-habisan secara kolektif sejak awal laga.

Akan tetapi, tetap waspadai serangan balik cepat dari Atletico. Van Dijk pun harus menahan selera untuk ikut menyerang.

Laga ini diprediksi akan berjalan berat sebelah dan The Reds akan mampu memenangi laga di Anfield dengan skor tipis.

Diperlukan babak perpanjangan waktu dan mungkin juga adu penalti. Untuk menentukan siapa yang lolos ke babak 8 besar.

Rekor pertemuan Atletico vs Liverpool

  1. Atletico 1-1 Liverpool, Liga Champions leg pertama (2008).
  2. Liverpool 1-1 Atletico, Liga Champions leg kedua (2008).
  3. Atletico Madrid 1-0 Liverpool, Liga Europa leg pertama (2010).
  4. Liverpool 2-1 Atletico Madrid, Liga Europa leg kedua (2010).
  5. Atletico Madrid 1 – 0 Liverpool, Liga Champions (19/2/2020). (mat)
Loading...