Keberagaman Itu Anugerah, Jangan Diperdebatkan

Loading...

BATAM (suarasiber) – Mantan Wagub Kepri HM Soerya Respationo mengajak seluruh masyarakat menjaga keberagaman. Hal ini penting mengingat ada warga Kepri yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

“Keberagamaan adalah kodrat bangsa kita. Semua suku di Indonesia pun ada di Kepri, karena itu mari kita rawat untuk kenyamanan dan kedamaian negeri ini,” kata Soerya usai menghadiri Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Maluku (Ikmal) Kota Batam Periode 2019-2023 di Pujasera Hotel Pacifik, Nagoya, Batam, MiInggu (8/12/2019) petang.

Soerya pun mengajak masyarakat Maluku di Kepri turut menjaga keberagaman itu. Semua sudah ada pedomannya, yakni Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut Ketua DPD PDIP ini, keberagaman sesuatu yang tidak harus diperdebatkan. Karena ia adalah anugerah yang selayaknya dijaga sebagai kekuatan besar dalam menghadapi segala tantangan yang dihadapi bangsa.

Apalagi, kata Soerya, tantangan ke depan cukup berat karena selalu ada pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan. Untuk menjawab itu, kata Soerya, salah satunya adalah dengan terus mempererat silaturahmi.

Kehadiran organisasi suatu daerah, kata Soerya, bukanlah upaya memecah belah. Mereka hadir untuk memperkuat silaturahmi dan merawat keragaman di tempat mereka hadir.

“Yang terpenting, pegang pepatah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kita semua berperan besar untuk membuat kemajuan daerah ini,” kata Soerya. (man)

Loading...