WhatsApp Kini Bisa Dikunci Sidik Jari, Begini Caranya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – WhatsApp baru saja meluncurkan fitur keamanan berupa mengunci dengan sidik jari. Hal ini seperti dilansir WhatsApp Inc di Twitter @WhatsApp, 1 November 2019.

Fitur ini bisa dipakai untuk pengguna Android, setelah sebelumnya dirilis fitur yang sama untuk iOS awal 2019 lalu. Fitur ini memungkinkan kamu menggunakan sidik jari untuk untuk membuka aplikasi ini. Uniknya, fitur berlaku bahkan setelah kamu membuka kunci smartphone.

https://twitter.com/WhatsApp/status/1189957891773460480

Bagaimana mengaktifkan fitur keamanan ini? Berikut caranya, dibagi menjadi dua, panduan untuk pengguna Android dan iOS.

Untuk pengguna Android: buka menu Setting, lalu cari Account. Berikutnya buka pilihan Privacy, geserlah pada bagian bawah akan kalian temukan Fingerprint Unlock.

Tentu saja ada pilihan seperti berapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan. Catatan, kunci dengan sidik jari ini bisa diterapkan immediately, setelah 1 menit dan maksimal setelah 30 menit.

Pilihan lainnya berupa toggle untuk mencegah konten di dalam pesan terlihat di notifikasi.

Sementara untuk pengguna IOS: hampir tak jauh berbeda dengan Andoir, bukalah setting, pilih Account. Pilih Privacy dan geser ke bawah untuk menemukan Screen Lock.

Jika iPhone kalian memiliki fitur Face ID, wajah pengguna akan membuka kunci obrolan, sementara Touch ID diaktifkan untuk keperluan membuka aplikasi.

Selanjutnya dari Screen Lock, pilihlah berapa lama fitur sidik jari ini akan mengunci. Jarak waktu yang bisa diterapkan ialah 1, 15 dan 60 menit.

Sekarang, setiap kali kamu ingin membuka kunci aplikasi, tinggal sentuh sensor sidik jari.

Sebenarnya fitur ini pertama kali dibocorkan oleh WABetaInfo, yang menyabutkan fitur dalam versi betanya sudah mulai diaplikasikan pada Agustus lalu. (man)

Loading...