Efiyar M Amin, Seniman yang PNS dan Pencipta Motif Batik Gonggong Itu Berpulang…

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – H Eifyar M Amin (61), terakhir menjabat Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang meninggal dunia, Sabtu (16/11/2019) sekitar pukul 02.30 di RSUD Tanjungpinang.

Almarhum sempat dirawat di rumah sakit itu sejak, Kamis (14/11/2019). Sebagaimana disampaikan anak almarhum, Dilan, dan Afis kepada suarasiber.com di rumah duka.

Efiyar M Amin, dilahirkan di Anambas, 11 November 1958, disemayamkan di kediaman Jalan Peralatan Batu 7 Tanjungpinang. Dijadwalkan dikebumikan di pemakaman Batu 7, Sabtu (16/11/2019) usai salat Asar.

Itu sapaan akrab salah seorang pejuang terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang, ini. Saat pembentukan kota otonom itu, almarhum menjabat Sekdakotif Tanjungpinang.

Bang Efiyar…

Sekaligus menjadi ujung tombak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang.

Pria tampan yang selalu necis, namun ramah, cerdas, dan bijak ini dikenal luas dekat dengan banyak kalangan.

Almarhum memang tak pernah membedakan status sosial, jabatan atau usia dalam pergaulannya. Meskipun sebagai pegawai negeri sipil (PNS), almarhum menjabat berbagai jabatan eselon II di Pemko Tanjungpinang.

Tak heran, meski sudah setahun pensiun, rumah duka tempat almarhum disemayamkan, dijejali banyak kalangan.

Mantan Kabag Humas Pemda Kabupaten Kepri, juga dikenal sebagai pemimpin yang mendidik, dan mengayomi anak buahnya.

“Beliau termasuk salah seorang tipikal pemimpin sejati. Dia bos. Dia juga teman, yang selalu mendidik, memotivasi, dan mengayomi kami semua anak buahnya,” kata Teguh Susanto, salah seorang mantan anak buahnya di Pemko Tanjungpinang.

“Seniman yang PNS,” imbuh Teguh.

Efiyar memang seniman, yang ahli mematung, melukis, menggambar, dan menyair. Selain itu, penghobi memancing ini juga ahli mendesain model pakaian. Dan, sekaligus menjahitnya menjadi pakaian yang siap pakai.

Tak cuma itu, almarhum juga ahli sebagai desainer grafis.

Salah satu karya besarnya di bidang desainer grafis, adalah motif batik gonggong. Dialah yang mengapungkan batik gonggong, batik khas Tanjungpinang.

Motif batik gonggong karya Efiyar, diakui kualitasnya oleh salah satu perusahaan elektronik internasional. Dan, menjadikan motif batik gonggong di produknya.

“Sayang, ya. Motif batik gonggong karya besar beliau justru tak dijadikan seragam resmi di Pemko Tanjungpinang. Padahal, perusahaan elektronik internasional pun mengakui karya almarhum,” ucap Sabri Maimun, seorang sahabat almarhum yang juga PNS di Pemkab Bintan.

Selamat jalan, Bang. Semoga husnul khotimah. (mat)

Loading...