Ini Jurus Menangkal Serangan Predator Anak

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Eri Syahrial, Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak (KPPAD) Provinsi Kepri mengajak para orang tua, dan wali murid lebih memerhatikan anaknya. Untuk mencegah segala kemungkinan terjadinya hal negatif ke anak di sekolah atau di tempat lain.

Usahakan agar bisa menyediakan waktu, untuk mendengarkan cerita atau curhat anak setiap hari. Tidak harus berjam-jam, dan bisa dilakukan sembari makan malam.

“Ajak anak agar mau terbuka bercerita tentang sekolahnya, gurunya, dan temannya,” kata Eri menjawab suarasiber.com, Rabu (14/8/2019).

Menurut Eri, hal itu sangat berguna bagi orang tua dan anak. Anak bisa leluasa bercerita tanpa khawatir akan dimarahi. Orang tua pun jadi lebih tahu kondisi anaknya saat di sekolah atau di luar rumah.

Kepada anak-anak sekolah, Eri, mengimbau agar tak ragu terbuka kepada orang tua atau walinya. Terbuka tentang sekolahnya, gurunya, dan teman-temannya.

“Jangan ragu juga bercerita jika ada oknum guru yang mendekati, dalam konteks di luar kewajaran antara guru, dan murid. Sehingga, orang tua atau wali bisa memberikan pandangan kepada anak,” jelas Eri.

Hal seperti itu sangat berguna, imbuh Eri, dalam mencegah segala hal negatif di sekolah. Selain, memerketat proses rekrutmen calon guru di semua tingkatan sekolah. Baik sekolah negeri atau sekolah swasta. (mat)

Loading...