Polres Tanjungpinang Gelar Workshop Ecobricker

Loading...

Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Polres Tanjungpinang menggelar Workshop Ecobricker Edukasi Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai, Selasa (16/7/2019) di Rupatama Polres.

Workshop ini merupakan kerja sama Polres dengan sejumlah pihak. Di antaranya dengan Ecobrick Tanjungpinang. Kemudian, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, dan Bank Sampah Tanjungpinang.

Kegiatan ini diikuti Himpunan Melayu Raya Korwil Tanjungpinang, dan sekitar 100 orang personel Polres. Ucok yang membuka kegiatan, mengatakan dalam sambutannya pengelolaan sampah di negeri ini merupakan permasalahan klasik..
Namun, belum juga teratasi sepenuhnya.

“Untuk itu mari kita menggali ilmu, dan pengetahuan ini. Kemudian, menularkannya kepada masyarakat Kota Tanjungpinang,” kata Ucok.

Ucok berharap kegiatan ini menjadi langkah nyata bagi Polres Tanjungpinang. Untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang yang bersih, aman dan nyaman.

Ecobrick, ujarnya, adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik. Botol diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat.

Tujuan dari ecobrick, adalah untuk mengurangi sampah plastik, dan mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna.

Contoh pemanfaatannya, adalah untuk pembuatan meja, kursi, dan tembok. Termasuk barang kesenian lainnya yang memiliki nilai jual.

Sementara itu, GEA Trainer Hidra Atmaja, menyampaikan apresiasinya kepada Polres Tanjungpinang. Sehingga workshop ini terselenggara. Menurutnya, workshop ini wujud nyata Polres Tanjungpinang. Yang telah melakukan banyak kegiatan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. (mat)

Loading...