Sekda Kota Tanjungpinang, Riono, Distafahlikan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kota Tanjungpinang untuk sementara tidak punya pejabat definitif Sekretaris Daerah (Sekda). Setelah, Wako Syahrul menyetafahlikan Drs Riono MM (52), Sekdako menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Selasa (30/4/2019) petang.

Riono menjabat Sekdako Tanjungpinang sekitar 5 tahun kurang 3 bulan. Dia dilantik tanggal 10 Juli 2014, menggantikan Plt Sekdako Drs Syafrial Evi, yang kini sudah pensiun. Dan, menjadi calon anggota legislatif di salah satu parpol. Untuk DPRD Kota Tanjungpinang.

Sebelum menjadi Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Bintan.

Dan, sempat menjabat sebagai pejabat eselon III di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Bintan.

Riono kemudian pindah jadi Sekretaris BKD Pemprov Kepri, sebelum menjadi Kepala Biro Humas Setdaprov Kepri. Dan, kemudian dilantik menjadi Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kepri tanggal 1 September 2013 oleh Gubkepri HM Sani (alm).

Hanya 10 bulan menjabat Kadispora, Riono dilantik menjadi Sekdako Tanjungpinang oleh H Lis Darmansyah, Wako Tanjungpinang saat itu.

Plt Sekdako Dijabat Drs Suyatno

Siapa bakal pengganti Riono sebagai Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, masih belum diketahui. Yang pasti, saat ini jabatan Sekdako Tanjungpinang dijabat Drs Suyatno sebagai Plt selama 15 hari.

“Setelah 15 hari akan dilantik seorang Penjabat (Pj), yang merupakan pejabat eselon II lainnya di Pemko Tanjungpinang. Pengangkatan Pj harus dengan persetujuan gubernur,” kata seorang pejabat eselon II di Pemko, yang minta namanya tidak disebutkan menjawab suarasiber.com, Selasa (30/4/2019).

Informasi yang diperoleh suarasiber.com, Teguh Ahmad Syafari, mantan pejabat eselon III di Bapelitbang Kepri, namanya termasuk yang disebut-sebut sebagai calon Sekdako.

Saat ini, Teguh tengah menjalani tour of duty sebagai Widyaswara Kepri. Untuk menjabat Sekda, dia harus mengikuti dua kali open biding jabatan eselon IIB.

Selain jabatan Sekdako, ada empat jabatan eselon II lainnya di Pemko Tanjungpinang yang dijabat Plt. Karena, pejabatnya dimutasi ke jabatan lainnya.

Empat Jabatan Eselon II Dijabat Plt

Keempatnya, adalah jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tanjungpinang, yang dijabat Sekretaris Dinas sebagai Plt. Pejabat lama, Dadang Hz dimutasi menjadi staf ahli.

Kemudian, Kepala Bappelitbang yang pejabat lamanya, Drs Surjadi dimutasi jadi Kadisbudpar. Plt Kabappelitbang dijabat Sekretaris Bappelitbang Rully Friadi, yang disebut-sebut sudah diposisikan sebagai Kabappelitbang.

Meski begitu, Rully yang baru pindah dari Pemprov Kepri, lebih dulu harus mengikuti open biding jabatan eselon IIB terlebih dulu. Sebelum bisa dilantik jadi Kabappelitbang Pemko Tanjungpinang.

Selain itu jabatan eselon II lainnya yang dijabat Plt, adalah Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), yang dijabat Sekdis, M Ikhsan. Ikhsan mantan pejabat eselon III di Dispora Kepri juga disebut calon kuat Kadis PMPTSP.

Terakhir, jabatan eselon II yang dijabat Plt adalah Kasatpol PP. Setelah kepalanya, Drs Effendi dilantik menjadi Sekwan Kota Tanjungpinang. Pejabat lama Abdul Kadir Ibrahim dimutasi menjadi Kadiskiminfo. (mat)

Loading...