Belum Insaf, Milenial Jangan Bawa Kendaraan di Jalan Raya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Para orang tua dari milenial (anak zaman now yang belum berusia 17 tahun), diimbau tidak membiarkan anaknya membawa kendaraan bermotor di jalan raya.

Bukan hanya karena dapat membahayakan dirinya sendiri. Tapi juga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Mereka dinilai belum menginsafi jika bertemu kejadian darurat di jalan raya. Dan, akibat akibat yang ditimbulkan dari sebuah laka lantas.

Hal ini disampaikan Dr Edy Rustandi, praktisi hukum yang juga akademisi di UMRAH Tanjungpinang kepasa suarasiber.com, Rabu (29/8/2018). Menyusul terjadinya laka lantas maut yang menewaskan 2 remaja dan melukai 1 remaja lainnya di Batu 8 Tanjungpinang.

“Sebagai orang tua, kita imbau agar anaknya jangan dikasih bawa kendaraan bermotor di jalan raya. Untuk meminimalkan kejadian seperti itu,” kata Edy

Selain itu, ujar Edy, bisa dilanjutkan dengan sosialisasi atau penyuluhan berlalulintas yang baik kepada anak anak sekolah SMP dan SMA oleh pihak terkait. Sebab, anak-anak milenial yang duduk di SMP dan SMA umummya belum boleh punya SIM (belum 17 tahun).

Menjawab soal minimnya angkutan umum yang murah dan layak untuk pelajar, Edy, menjawab soal itu ada tanggung jawab pemerintah untuk menyediakannya.

“Kalau tak bisa gratis harus murah. Seperti di kabupaten tetangga, yang menyediakan bus sekolah gratis,” tukas Edy, sembari menambahkan ikut berduka laka maut tersebut. (mat)

Loading...