Segera! Wisman Singapura Masuk Kepri Tidak Perlu Tes PCR, Cukup Pakai Antigen

Loading...

Suarasiber.com – Kabar baik bagi wisatawan khusus dari Singapura yang ingin liburan ke Kepri. Dalam waktu dekat, tes PCR tak lagi diberlakukan.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad usai mengunjungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto melalui Deputi III Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan dan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Dr. Rustian menyampaikan, terkait hal ini pusat segera mengeluarkan surat edaran.

Edaran tersebut mengatur tentang syarat masuk wisatawan dari Singapura khusus ke Kepri.

Meskipun wisatawan dari Singapura tidak lagi perlu melakukan tes PCR, namun kewajiban untuk melakukan tes antigen tetap diberlaku.

Gubernur Ansar mengatakan pemberlakuan hanya tes Antigen bagi wisatawan Singapura akan berlaku di semua pintu masuk internasional di Kepri.

“Hal ini tentunya merupakan kabar baik agar wisatawan Singapura lebih tertarik berlibur ke Kepri, karena syaratnya semakin memudahkan mereka,” ujar Gubernur Ansar.

Menurut Gubernur Ansar, kebijakan ini diambil mengingat Singapura juga hanya menyaratkan tes rapid antigen bagi wisatawan yang masuk ke negara itu.

Begitu SE pusat keluar, Gubernur Kepri juga menerbitkan SE turunannya.

“Mengembalikan kejayaan dunia pariwisata di Kepri adalah hal yang sedang kita gesa. Upaya koordinasi, komunikasi, konsultasi dan cara lainnya, terkait kebijakan regulasi kita lakukan. Kita ingin agar aturan wisaman masuk ke Kepri dipermudah,” tegas Ansar.

Untuk memaksimalkan pintu masuk wisman dari Singapura, Gubernur Ansar juga meminta agar pelabuhan internasional Tanjungbalai Karimun segera dibuka untuk menerima wisatawan dari Singapura dan Malaysia. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...