Di RSKI Galang, Hanya Butuh 6 Jam Ketahui Positif atau Negatif Corona

Loading...

BATAM (suarasiber) – Rumah Sakit Khusus Inveksi (RSKI) Pulau Galang , Kota Batam, kini dilengkapi Polymerase Chain Reaction (PCR) atau bilik swab mandiri. Hasil swab pun bisa diketahui dalam rentang waktu 6 jam, apakah seseorang terpapar Covid-19 atau tidak.

Hal ini disampaikan Kepala RSKI Pulau Galang, DR.dr.Kolonel Khairul Ikhsan Nasution, SpBS kepada rombongan tim Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Kepri Batam untuk melihat langsung bilik swab mandiri beserta laboratorium.

Di Kepri, hanya RSKI yang memiliki bilik swab mandiri. Selain sangat aman dalam pengambilan sampel dahak tenggorokan hidung pasien, juga mempersingkat hasil test swab.

Singkatnya waktu hasil swab juga menghemat biaya. Mulai dari biaya tempat tidur sampai biaya makan. Tingkat keamanan tidak terpapar dari pasien juga tinggi karena antara petugas dengan pasien tidak terjadi kontak langsung.

Dengan menggunakan test swab bilik mandiri, seorang pasien yang akan ditest berdiri di depan bilik, lalu petugas akan menuntun proses swab dari dalam bilik. Proses tidak lebih dari 15 menit.

Setelah selesai pasien menyerahkan sample ke petugas lalu proses laboratorium langsung dilakukan. Enam jam kemudian hasil test swab sudah bisa diketahui hasilnya.

Dari pengalaman selama pandemi, Koloner Khairul menuturkan, dari seluruh pasien yang reaktif yang telah mereka test PCR, 80 persen hasilnya negatif. Sehingga dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut melakukan rapid test. Hal itu karena, hasil reaktif yang dikeluarkan dari rapid test tidak selalu menghasilkan positif terpapar Covid-19.

“Kita siap menerima pasien dalam jumlah besar setelah bilik swab mandiri ini dioperasikan. Saat ini kami sedang menunggu petugas-petugas labor yang saat ini tengah dipersiapkan,” tutupnya.

Tim Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Kepri Batam pada hari itu datang sambil mengantarkan bantuan buah-buahan titipan Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto selaku Ketua Umum Gugus Tugas Pecepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri.

Dokter Frianto Ismail selaku ketua rombongan juga menyampaikan salam dari Plt. Gubernur Kepri , H. Isdianto kepada seluruh tenaga medis yang ada di RSKI dan petugas lainnya serta pasien yang sedang dalam perawatan. (man)

Loading...