Roc Stratolaunch, Pesawat Berbentang Sayang Lebihi Lapangan Bola Akhirnya Terbang

Loading...

Suarasiber.com – Teknologi penerbangan terus berkembang. Sebuah pesawat udara yang diberi nama Roc Stratolaunch berhasil terbang meski awalnya diragukan.

Betapa tidak, pesawat ini memiliki bentang sayap 117 meter, melebihi panjang lapangan sepak bola.

Dalam kondisi kosong, pesawat berbadan ganda ini memiliki berat sebesar 226.796 kilogram dan membutuhkan enam mesin Pratt & Whitney PW4056 untuk dapat terbang.

Melansir IFL Science, Roc lepas landas dari Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave di Lapangan Rutan di California dengan kendaraan TA-1 diikatkan ke bagian bawahnya, tanggal 9 Maret 2024.

TA-1 kemudian dilepaskan, menyalakan mesinnya, dan melakukan penerbangan bertenaga pertamanya.

Pesawat ini dibuat Stratolaunch. perusahaan yang didirikan oleh salag satu pendiri Microsoft, yaitu Paul Allen yang bekerja sama dengan Burt Rutan pada 2011 silam. Tujuannya ialah mengembangkan roket orbital.

Namun Allen meninggal di usia 65 tahun pada 2018. Perusahaan pun merumahkan beberapa staf dan menyetop beberapa pengembangan roket.

Stratolaunch kemudian dibeli oleh perusahaan ekuitas swasta yang memfokuskan kembali perusahaannya pada teknologi kendaraan hipersonik, bukan roket.

Pesawat ini pada dasarnya adalah pesawat pengangkut raksasa yang mampu membawa muatan yang sangat berat ke ketinggian. Secara total, berat lepas landas maksimumnya adalah 589.670 kilogram.

Stratolaunch kepada IFL Science mengatakan, dalam demonstrasi terbaru dari kekuatannya, Roc ambil bagian dalam penerbangan bertenaga pertama dari kendaraan uji Talon-A (TA-1), yang bertujuan untuk membuka jalan menuju kendaraan hipersonik pertama yang didanai secara pribadi dan dapat digunakan kembali.

Percobaan tanggal 9 Maret dianggap sukses. Juga diklaim kendaraan luar angkasa TA-1 hampir mencapai kecepatan hipersonik Mach 5, yaitu lima kali kecepatan suara.

CEO Stratolaunch Dr Zachary Krevor menyebutkan, uji coba penerbangan merupakan hari yang luar biasa bagi timnya.

“Saya sangat bangga atas ketekunan mereka mencapai titik ini. Keberhasilan hasil tes ini merupakan hasil langsung dari kecakapan teknis dan profesionalisme tim,” kata dia. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...