QR Code Digunakan Penipu Kuras Isi Rekening Anda

Loading...

Suarasiber.com – Penjahat di dunia maya semakin maju. Mereka tak mau ketinggalan zaman atas teknologi yang terus berkembang. Bahkan jangan anggap jika penggunaan QR code adalah cara yang paling aman untuk menghindari penipuan.

Jangan salah, QR code kini telah disusupi peretas. Tindak kejahatan menggunakan QR Code ini disebut quishing, penggabungan antara penggunaan kode QR serta phishing.

Salah satu target penjahat siber ialah sebuah perusahaan energi besar AS. Para analis keamanan pun langsung memberikan sirine tanda bahaya.

Mengutip Wired, pelaku akan memancing seseorang agar menyebutkan informasi pribadi secara detail menggunakan QR Code yang sudah diotak-atik sedemikian rupa.

QR Code yang dikirimkan merujuk pada sebuah website yang akan sulit diketahui web tersebut soap apa sebelum seseorang mengkliknya.

Wired menyebutkan, sama seperti phishing, quishing juga mengelabuhi seseorang agar mengunduh sesuatu yang membahayakan keamanan akun atau perangkat.

Para pelaku membuat pengguna memasukkan beberapa kredensial login yang kemudian akan diteruskan langsung ke peretas. Cara ini kemungkinan besar menggunakan situs spoof yang dibuat agar terlihat asli dan dapat dipercaya.

Penipuan biasanya menggunakan kalimat yang seolah-oleh itu penting banget. Misalnya, “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda”.

Para ahli pun berpesan, jangan percaya kode QR yang dipasang di tempat umum atau diberi oleh orang jika tidak jelas dari mana asalnya.

Cara kedua, jangan lupa aktifkan autentikasi dua faktor untuk setiap akun, dan keluar dari perangkat yang sudah tidak digunakan lagi. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...