Disnakertrans dan Dinkes Kepri Bergandengan Tangani TBC di Kalangan Pekerja

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri saat memimpin apel peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (29/01).

Pada kesempatan ini gubernur menyerahkan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang dinilai konsen dengan persoalan keselamatan kerja dan kesehatan.

Mereka yang mendapatkan penghargaan meliputi 15 perusahaan karena nihil kecelakaan kerja, 6 perusahaan atas keberhasilan pencegahan HIV-AIDS di tempat kerja, dan 4 perusahan yang berhasil menerapkan program pencegahan tuberkulosis di tempat kerja.

Terkait pencegahan TBC atau tuberkulosis, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau, Mangara M Simarmata mengatakan bagaimana penyakit ini ditangani.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri,” tuturnya usai apel usai.

Disnakertrans, kata Mangara, diminta untuk membantu mencari potensi terjadinya penyakit TBC tadi.

Menurutnya, saat ini perusahaan sudah menerapkan kebijakan soal kesehatan di tempat kerja sudah jauh lebih baik. Namun kadang penyakit ini muncul di rumah atau lingkungan tempat tinggal pekerja.

Bisa jadi karena sanitasinya yang kurang memadai dan faktor penyebab lainnya.

TBC atau tuberkulosis atau TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru dan mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak napas disertai batuk kronis. (edyw)

Editor Yusfreyendi

Loading...