Warga yang Mudik Natal Bisa Titipkan Kendaraannya di Kantor Polisi Terdekat

Loading...

Suarasiber.com – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2023 di Lapangan Bhayangkara Mapolda Kepri, Kamis (21/12/2023).

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2023 menjelang Natal dan Tahun Baru ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Brigjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H yang dihadiri segenap Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri.

Yan Fitri menyampaikan, Operasi Lilin tahun 2023 yang berlangsung 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 bertujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan lancar dalam menghadapi perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Terlebih libur Nataru tahun ini satu waktu dengan kampanye Pemilu 2024. Hal ini menimbulkan risiko kerawanan yang lebih tinggi.

Sebanyak 1.339 Personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 17 pos pengamanan, 17 pos pelayanan dan 12 pos terpadu untuk menjamin keamanan 922 objek pengamanan yang terdiri dari 523 Gereja, 3 Terminal, 57 Pelabuhan, 8 Bandara, 67 Objek Ganti Tahun, 164 Lokasi Wisata dan 100 Mall/Pusat Perbelanjaan.

Pengamanan meliputi pengaturan transportasi dengan pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas laut, serta pengaturan perjalanan.

Kedua, keamanan tempat wisata melalui penyediaan parkir, pengaturan keluar-masuk, dan pengawasan terhadap penjual di lokasi wisata.

Ketiga, fokus pada keamanan tempat ibadah dengan sterilisasi lokasi ibadah, keterlibatan ormas keagamaan, dan penjagaan ketat pada malam tahun baru. Selain itu, strategi juga melibatkan antisipasi terorisme, patroli rutin untuk mencegah kejahatan serta kesiapan menghadapi bencana alam.

Kapolda Kepri berpesan kepada pelaku usaha transportasi laut untuk selalu melengkapi aspek-aspek keamanan dan keselamatan di dalam kapal seperti jumlah pelampung harus sesuai dengan jumlah penumpang yang ada.

Warga yang ingin Natal ke kampung halamannya bisa menitipkan kendaraan maupun barang-barang berharga di kesatuan-kesatuan kepolisian terdekat yang ada seperti di Polsek maupun di Polres jajaran serta Korem terdekat selama proses mudik natal 2023 dan tahun baru 2024. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...