Gerbong Parpol yang Ramai-ramai “Menarik” Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Loading...

SURABAYA (suarasiber.com) – Khofifah Indar Parawansa akhirnya mengumumkan jika dirinya akan kembali maju di Pilgub Jatim 2024.

Pernyataan ini diutarakan Khofifah saat memberi orasi saat peringatan Hari Ibu yang dihadiri 15 ribu kader Muslimat NU di Jatim Expo Surabaya, Kamis (7/12/2023).

Keinginan Khofifah untuk kembali memimpin Jawa Timur pun segera disambut oleh sejumlah Partai Politik yang ingin mengusungnya.

Jauh hari sebelum Khofifah mengutarakan akan maju lagi di Pilgub Jatim, PAN sudah menyerahkan rekomendasinya.

Rekomendasi ini diterima Khofifah dari Ketum PAN Zulkifli Hasan saat konsolidasi dengan Caleg PAN dari Jatim di Hotel Sheraton Surabaya tanggal 4 Oktober 2023 silam.

Selanjutnya, sehari setelah pernyataan Khofifah untuk kembali maju, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menyebut nama Khofifah. Dukungan ini memang belum secara resmi disampaikan.

Saat mengunjungi makam Bung Karno di Blitar, 8 Desember 2023, SBY mengatakan, “”Demokrat memutuskan akan kembali mengusung Ibu Khofifah sebagai gubernur masa depan.”

Partai yang dipimpin Airlangga Hartarto juga tak ketinggalan. Melalui Ketua Golkar Jatim M Sarmuji pun menjagokan Khofifah.

Sarmuji sendiri didesak banyak pihak untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Namun ia menyebut KJKhofifah adalah mentornya sejak ia di SMA. Sarmuji pun melihat kepemimpinan Khofifah di Jatim bisa memajukan kota ini.

Dukungan ini disampaikan Sarmuji pada Sabtu, (9/12/2023).

Partai yang dua Pilgub Jatim sebelumnya tidak pernah memberikan sinyal untuk Khofifah kali ini pun memberikan dukungan. Parpol ini ialah Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto.

Rekomendasi diberikan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo kepada Khofifah, di Hotel Double Tree Surabaya, Minggu (10/12/2023).

Dukungan ini membuat Khofifah mengaku semakin kuat untuk mengikuti Pilgub Jatim 2024. Ia pun meminta restu warga Jatim. (syahrul)

Editor Yusfreyendi

Loading...