Peserta dari Batam Menang Kontes Bonsai Nasional di Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Peserta Pameran Bonsa Nasional di Halaman Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang Taman Batu 10, Tanjungpinang, berakhir tanggal 20 November 2023.

Peserta dari Batam mendominasi pemenang kontes. Pameran dan kontes ini mempertandingkan 3 tingkatan yang berbeda yaitu kelas prospek, karya dan madya.

Keluar sebagai pemenang pada Kontes ini pada kategori Best in Show dan Best Ten Madya adalah Bonsai Jenis Sianci milik Anthony dari Batam, Kemudian Juara 2 diberikan kepada Acui dari Batam dengan Bonsai Jenis Anput dan Juara tiga disabet oleh Robin dari Tanjungpinang dengan Jenis bonsai Anput.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara mewakili Gubernur Kepulauan Riau membuka pameran bonasi di halaman Dishub Kota Tanjungpinang, Minggu (19/11).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia ini berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 20 November 2023 dengan mengangkat tema “Melalui Pesona Bonsai Kita Tingkatkan Kecintaan pada Lingkungan”.

Sekda Adi dalam sambutannya mengapresiasi panitia Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang telah sukses menyelengarakan kegiatan ini di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang dalam rangka silaturahmi dan sebagai ajang peningkatan kecintaan masyarakat terhadap bonsai.

“Semoga ajang ini bisa meningkatkan silaturahmi antar pecinta bonsai di tanah air, ajang untuk meningkatkan ilmu perbonsaian serta sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian para pecinta bonsai,” ucapnya.

Kepada para pecinta Bonsai di Kepri, Sekda Adi berpesan untuk produktif dan kreatif untuk menciptakan jenis-jenis baru dalam bonsai sebagai salah satu daya tarik wisata. Bentuk dan gaya bonsai bisa bisa berafiliasi dengan gaya bonsai dari Jepang karena karena pengembangan bonsai di Negara Jepang sangat optimal.

“Di Bali sendiri, event bisnisnya sudah sangat luar biasa bahkan dipertandingkan kelas tertinggi bonsai yaitu the Max. Saya yakin pebonsai bisa pada level itu jika terus produktif dan kreatif membuat bonsai-bonsai baru sehingga menjadi salah satu faktor penarik wisatan untuk datang ke Kepri,” tutupnya.

Turut hadir di kesempatan ini Asisten Ekbang Setda Provinsi Kepri Luki Zaiman Prawira, Ketua PBBI Cabang Kota Tanjungpinang Ali Irwan Bhay, Ketua PBBI Batam Azhar Sidik, Ketua PPBI Cabang Karimun Ilham Malang serta Para peserta kontes Bonsai. (zah)

Loading...