Jenderal TNI Agus Subiyanto Jalani Uji Kelayakan sebagai Panglima TNI 13 November

Loading...

JAKARTA (suarasiber.com) – Jenderal TNI Agus Subiyanto akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan sebagai Panglima TNI pada 13 November 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023)..

“Agenda ini akan dimulai dengan visi misi dari Jenderal TNI Agus Subiyanto,” tutur Meutya, melansir pmjnews.com.

Penyampaian visi misi ini akan dijalani Agus selama setengah jam dan dilakukan secara terbuka. Rapat secara terbuka ini dilakukan di awal agenda.

Namun, kata Meutya, rapat akan dilangsungkan tertutup jika ada pendalaman dari visi misi yang mengandung kerahasiaan.

“Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup, tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima,” tuturnya.

Meutya berharap keputusan nantinya dapat diberikan pada hari yang sama. Selanjutnya, Komisi I DPR RI juga akan melakukan verifikasi faktual ke kediaman pribadi calon panglima TNI.

Berikutnya, Komisi I DPR akan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk kemudian disetujui di paripurna.

Mengenai tanggal paripurna, Meutya menyebutkan akan dibahas pada rapat pimpinan DPR.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan siap pensiun saat dirinya berusia 58 tahun atau pada 26 November 2023 mendatang. Adapun umur 58 tahun merupakan batas usia mengabdi bagi prajurit TNI, menurut Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Saya kan ikuti bahwa saya pensiun pada 26 November sesuai dengan kelahiran saya. Ya, sudah. Ya, pensiun,” ujar Yudo Margono saat ditemui di Mabes TNI, Jakarta, Jumat, 6 Oktober 2023, dikutip dari tempo.co. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...