Golkar Kepri Gelar Pelatihan 57 Saksi yang Bakal Bertugas di TPS

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Partai Golongan Karya (Golkar) Kepulauan Riau melaksanakan pelatihan (Training Of Trainer ) kepada 57 orang saksi yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Kepala Badan Saksi Nasional Partai Golkar Provinisi Kepri, Muhamad Wira Kurniawan, mengatakan kegiatan ini diikuti perwakilan peserta dari seluruh kabupaten dan kota se-Kepri.

“Ini saksi untuk perwakilan di setiap Kabupaten dan kota di Kepri,” kata Wira di Hotel All True, Rimba Jaya, Tanjungpinang, Kamis (30/11/2023).

Pelatihan TOT ini, kata Wira, merupakan arahan sari pusat. Nantinya setiap saksi akan diberi pelatihan sebelum turun pada Pemilu 2024.

“Sebelum turun ke lapangan, jadi kami Badan Saksi Nasional Partai Golkar melatih mereka terlebih dahulu,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa secara teknis dalam pelaksanaan TOT ini, pihaknya akan melatih penggunaan aplikasi yang akan digunakan untuk menginput prolehan suara Golkar.

“Dalam simulasi itu laporannya memenfaatkan sistem operasi android. Jadi perserta diminta untuk membawa handphone dan laptop,” paparnya.

Dengan sistem yang diciptakan, nantinya hasilnya langsung terinput ke pusat. Pelatihnya diturunkan dari pusat langsung, untuk meminimalisir penyalahgunaan untuk mengamankan suara Golkar pusat.

“Setiap TPS ada 10 orang saksi, sehingga untuk Kepri sendir bisa hampir 4 ribu orang,” pungkasnya. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...