DP3AMP Tanjungpinang Ingin Sekolah Ramah Anak Capai Level Maju

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang berikan pelatihan kepada kepala sekolah di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Kamis (30/11/2023).

Kepala DP3APM Tanjungpinang Rustam menyampaikan, ada 50 kepala sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut terdiri dari 15 kepala sekolah TK, 20 kepala sekolah SD dan 15 kepala sekolah SMP.

Sedangkan fasilitator dalam kegiatan ini yakni Dra. Marzulina dan Melva Afrina Putri, S.Pd yang merupakan Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 6 Tanjungpinang.

“Kita ingin Sekolah Ramah Anak di Tanjungpinang tidak berhenti pada level mau dan mampu saja tetapi bisa mencapai level maju,” tegas Rustam.

Dia menjelaskan, pelatihan dilakukan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang konsep dan implementasi sekolah ramah anak serta memperkuat komitmen para sekolah dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan sekolah ramah anak.

Rustam berharap ke depannya sekolah di Tanjungpinang semakin banyak masuk ke level maju, sehingga satuan pendidikan dapat menjadi tempat yang aman, nyaman, bersih, sehat dan mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak menuju terwujudnya generasi berkualitas dan unggul.

Menurut Rustam, kalau baru deklarasi dan pasang papan nama dan membentuk tim itu level mau. Jika sudah berproses menetapkan kebijakan ramah anak, menyediakan sarana dan prasarana dan memberikan fasilitasi peran serta anak itu naik ke level mampu.

“Nah jika sudah memenuhi 6 komponen sekolah ramah anak, melakukannya sebagai kebiasaan bahkan bisa menularkan ke sekolah lain dan masyarakat itu baru masuk level maju,” imbuhnya. (***)

Loading...