Pelatihan Perizinan Bagi UMKM Bintan Gelombang III Diikuti 20 Peserta

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Ketua TP-PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani membuka Pelatihan Perizinan bagi UMKM yang ada di Bintan. Untuk ketiga kalinya kegiatan ini dilaksanakan, kali ini menyasar kepada 20 pelaku UMKM.

Saat membuka kegiatan Hafizha menyampaikan harapannya agar seluruh peserta bisa mengikuti semua materi dengan baik guna memahami persoalan perizinan dan kelengkapan administrasi UMKM. Hal ini nantinya yang akan menjadi penunjang berkembangnya UMKM selain dari pada kualitas produk yang dihasilkan.

“Jangan patah semangat, ya, Ibu-Ibu. Kita ingin produk kita tidak hanya dikenal di Bintan, kita ingin tembus pasar asing kalau bisa. Jadi semua perizinannya kita selesaikan,” ungkap Hafizha, Senin (30/10) di Gedung PLUT Bintan.

Dalam kesempatan ini, Hafizha juga meminta semua UMKM untuk sesegera mungkin mengurus sertifikasi halal terhadap produk masing-masing. Pemerintah Kabupaten Bintan selalu siap membantu dan memdampingi.

“Dicatat, ya, Bu, sampai Oktober tahun 2024. Asal sudah ada NIB, sertifikasi halalnya diurus. Semua gratis dan siap didampingi,” tambahnya.

Pelatihan terhadap UMKM rencananya akan kembali dilakukan untuk keempat kalinya jelang akhir tahun. Hal ini akan terus menjadi upaya untuk mengembangkan UMKM yang ada. Pentingnya keberadaan UMKM terhadap perekonomian sangat berpengaruh besar. Terbukti UMKM di Indonesia sendiri terhadap PDB Nasional bahkan menyentuh angka 60,5 persen. (***)

Loading...