BANGGA! Gagasan Bupati Bintan Roby Kurniawan Satu OPD Satu Inovasi Dapat Apresiasi di Korsel

Loading...

SEOUL (suarasiber.com) – World Cities Summit (WCS) Mayors Forum tahun 2023 ini di Seoul Korea Selatan menjadi event bergengsi Kepala Daerah dari berbagai belahan dunia. Yang luar biasa, beberapa program inovasi di Kabupaten Bintan digaungkan dalam forum tersebut dan mendapat apresiasi langsung dalam forum khususnya Sekretariat WCS Mayors Forum.

Kabupaten Bintan memang patut berbangga, pasalnya Bintan berhasil menjadi bagian dari forum kolaborasi inovasi antar Kepala Daerah sedunia ini. Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan beberapa gagasan inovasi di Bintan yang telah berjalan dan memberikan manfaat besar bagi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.

Pada sesi pertama WCS Mayors Forum ini, Bupati Roby berbicara mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh Kepala Daerah dalam menciptakan pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan Kota dunia. Pada poin ini Roby menekankan bahwa seorang pemimpin harus dapat menciptakan pelayanan yang inklusif dan dapat mencakup semua lapisan tanpa ada pembedaan.

Sebagai contohnya Bupati Bintan memaparkan program kesehatan gratis yang ada di Bintan. Program ini terbukti membawa manfaat besar yang memenuhi hak dasar seseorang terhadap kesehatan.

“Kita paparkan beberapa inovasi yang ada di Bintan. Alhamdulillah mendapat sambutan baik dan apresiasi selama forum berlangsung,” jelas Roby saat dihubungi, Kamis (28/09).

Dalam sesi selanjutnya berkenaan dengan peran seorang Pemimpin dalam dalam meningkatkan dan melahirkan inovasi, Bupati Roby berbicara tentang pentingnya kolaborasi. Baik dengan akademisi, para pakar, swasta, komunitas maupun pers. Sinergitas lintas sektoral ini yang menurutnya manjadi aset utama dalam budaya inovasi.

Tak sampai di situ, Bupati Roby juga menjelaskan kebijakannya di Kabupaten Bintan untuk membakar semangat dalam menciptakan inovasi. One agency, one innovation (satu OPD, satu inovasi) setiap tahun dan diberikan penghargaan atas inovasi terbaik. Program yang dikenal dengan Galanova Awards ini nyatanya menjadi satu diantara banyak hal yang memacu OPD untuk berlomba dalam gagasan dan terobosan.

Hal lainnya yang juga ditekankan Roby berkenaan dengan mempertahankan inovasi yang diciptakan. Di hadapan seluruh Kepala Daerah sedunia yang hadir. Roby menegaskan bahwa penemuan inovasi merupakan hal yang penting, namun yang tidak kalah penting menjaga dan mengembangkan inovasi agar terus terlaksana dan tidak mati. Dari sini lah ditekankan urgensi perencanaan inovasi yang tepat, matang dan berkelanjutan. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...