Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Ansar menyampaikan pentingnya langkah jangka panjang untuk mengurangi risiko anemia pada remaja putri ketika dewasa nanti.

Angka kejadian anemia yang masih tinggi menurut data Riskesdas Tahun 2018, yaitu 32%, memberikan dampak pada kemampuan belajar dan produktivitas para remaja.

Bertekad mengurngi angka tersebut, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad membuka Gerakan Aksi Bergizi dan Peresmian Sarana Pendidikan di SMAN 1 Tanjungpinang, Jumat, (4/8/2023). Para remaja putri diberi tabletpenambah darah.

“Dengan memberikan tablet Tambah Darah secara rutin, diharapkan mereka dapat menjadi ibu yang sehat dan melahirkan anak-anak yang sehat, serta mencapai zero new stunting untuk Provinsi Kepulauan Riau,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar berharap kegiatan “Gerakan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau” ini dapat meningkatkan kesadaran remaja putri akan pentingnya gizi seimbang dan konsumsi asupan bergizi.

“Kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat, satuan pendidikan, puskesmas, keluarga, serta lintas program dan lintas sektor diharapkan dapat mensukseskan kegiatan ini dan menciptakan generasi yang cerdas dan sehat di masa depan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ansar juga melakukan penandatanganan prasasti Peresmian Ruang Kelas Baru dan rehab kelas baru, serta Peresmian penggunaan Masjid Ulul Albab di SMAN 1 Tanjungpinang.

Untuk diketahui pada tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan mengalokasikan dana Pembangunan Sarana Prasarana dan Bantuan dengan total anggaran sebesar Rp1.321.421.000, yang terdiri dari:

Rehabilitasi Ruang Kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya, terdiri dari 2 ruang dengan anggaran Rp244.876.000 serta Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) beserta perabotnya, terdiri dari 2 ruang dengan anggaran Rp928.000.000 serta pemberian bantuan transportasi darat dan laut untuk siswa.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Nazaruddin, Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri, Direktur RSKJ Engkau Daud Tanjunguban Asep Guntur, Kepala Sekolah SMAN 1 Imam Syafii, pengawas sekolah, dan Majelis Guru SMAN 1 Tanjungpinang. (zah/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...