Pagoda Tertinggi Indonesia Ada di Tanjungpinang, Pecahkan Dua Rekor Muri

Loading...

Suarasiber.com – Satu lagi destinasi wisata bisa dikunjungi di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Diresmikan pada Sabtu, 8 Juli 2023 di Batu 14, Tanjungpinang, Pagoda Sata-Sahasra Buddha ini bahkan memecahkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sekaligus.

Rekor pertama ialah pagoda tertinggi di Indonesia yang mencapai 46,90 meter. Kedua, pagoda dengan keramik bermotif Buddha terbanyak di Indonesia.

Kemegahan Pagoda Sata-Sahasra Buddha dari depan. Foto – suarasiber/syaiful

“Ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia yang dibangun di atas lahan seluas 10,4 hektare,” jelas Ketua Permabudhi Kepri, Hengky Suryawan kepada suarasiber.com, saat peresmian.

Ditambahkan oleh Hengky, pembangunan Pagoda ini memakan waktu tujuh tahun. Terima kasih disampaikannya kepada para donatur.

Pagoda memiliki sembilan lantai. Salah satu hal unik yang dapat ditemukan di Pagoda Sata-Sahasra Buddha ialah dicantumkannya nama seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Kita buatkan seluruh provinsi namanya di pagoda tersebut jadi ini bisa untuk kenang-kenangan untuk seluruh Indonesia,” kata Hengky.

Potong pita sebagai bagian dari prosesi peresmian Pagoda Sata-Sahasra Buddha. Foto – suarasiber/syaiful

Peresmiannya dihadiri 100 bhante, 80 dari Indonesia dan 20 dari luar negeri

Turut hadir di acara ini, Dirjen Binmas Budha Kementerian Agama Drs. Supriyadi yang mengatakan Pagoda Sata-Sahasra Buddha bisa menjadi salah satu bagian objek dari agama Buddha.

Ia mengapresiasi kepada panitia yang telah membangun pagoda ini.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi telah bekerja keras membangun pagoda ini,” ujarnya.

Supriyadi juga berharap kegiatan yang dilaksanakan di dalam pagoda dapat memperkuat keyakinan umat.

“Saya harap pagoda ini dijadikan sebagai tempat meditasi dan penghormatan sehingga timbul motivasi bagi umat agama Buddha,” ugkapnya. (syaiful)

Editor Ady Indra P

Loading...