Gunther, Dennis dan Evans Juara I, II dan III Formula E 2023 Seri ke-11 di Ancol, Jakarta Utara

Loading...

Suarasiber.com – Pembalap Maserati MSG Racing Maximilian Gunther asal Jerman menjadi juara Jakarta E-Prix 2023 seri ke-11 diikuti pembalap Avalache Andretti Jake Dennis dari Inggris, dan pembalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans dari Australia.

Jakarta E-Prix 2023 diselenggarakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023. Menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Iwan Takwin, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah kembali pada 2024.

Ketiga pemenang menerima piala dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Sejumlah pejabat negara juga hadir di atas panggung.

Seperti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Steering Committee (SC) Formula E Jakarta Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bamsoet sendiri menyerahkan piala kepada perwakilan tim Maserati MSG Racing.

Sementara Iwan Takwin menjelaskan Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E oleh Formula E Operation (FEO) pada 8 Juni 2024.

Dilansir dari FIA Formula E, ajang balap mobil listrik pertama ini diperkenalkan pada tahun 2011 oleh Alejandro Agag dan Presiden FIA Jean Todt.

Semua bermula pada malam hari tanggal 3 Maret 2011. Kala itu Jean Todt dan pengusaha asal Spanyol Alejandro Agag bertemu di sebuah restoran Paris. Dalam perbincangannya muncul sebuah ide untuk membuat kejuaraan balap mobil single-seat dengan menggunakan teknologi listrik.

Akhirnya, mereka resmi memperkenalkan Formula E ke dunia. Misi pendirian FE ini memiliki tujuan untuk mendorong penggunaan mobil listrik di dunia. Selain mengurangi emisi karbon dan polusi, FE juga ingin memperkenalkan bahwa mobil listrik juga memiliki sederet fitur canggih dan sistem hybrid.

Event pertama dari Formula E hadir pada tahun 2014. Saat itu, Beijing dipilih sebagai tempat pertama yang melangsungkan balap mobil listrik FE. Tak lama setelahnya, Formula E terus berkembang dan menjadi salah satu hiburan yang populer di dunia. (***/zainal)

Editor Ady Indra P

Loading...