Selusin Anggota DPRD Bintan Tinggalkan Sidang LPP APBD 2022, Gegara MInta Penjelasan Calon Wakil Bupati

Loading...

Suarasiber.com – Sidang paripurna penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan (LPP) APBD 2022, DPRD Kabupaten Bintan, Senin (29/5/2023) menyisakan cerita menarik. Soal walk out atau meninggalkan ruang sidang.

Ada 12 anggota DPRD Bintan yang memilih untuk walk out. Mereka berasal dari Fraksi Demokrat, PKS dan Fraksi NasDem.

Aksi ini diawali tatkala Ketua Fraksi Demokrat Zulkifli melakukan interupsi di awal sidang. Saat itu, Zulkifli meminta penjelasan kejelasan pencalonan Wakil Bupati Bintan. Hal serupa juga disampaikan Fraksi PKS yang disampaikan M Toha.

Disusul dengan sikap fraksi NasDem. Ketiganya menyarankan agar paripurna diskorsing sekitar setengah jam, untuk membahas soal lanjutan pencalonan Cawabup Bintan.

Namun, Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti yang memimpin sidang tetap melanjutkan agenda paripurna. Perdebatan pun mewarnai sidang beberapa menit.

Melihat sidang tetap dilanjutkan, 12 orang anggota dewan dari tiga fraksi tersebut mengambil sikap walk out.

“Hingga saat ini, Partai Golkar belum menyampaikan surat rekomendasi dari DPP untuk usulan dua nama Calon Wakil Bupati Bintan itu. Memang, kami dari koalisi pengusung sudah menyerahkan surat ke Bupati Bintan. Tapi, Golkar kan tidak ada surat rekomendasinya. Jadi, tak bisa diproses,” ujar Zukifli didampingi fraksi lainnya.

Ia juga menyesalkan pimpinan sidang yang dianggapnya tak merespons permintaan agar dijelaskan soal Cawabup barang setengah jam saja.

Untuk diketahui, proses pemilihan Cawabup terhambat karena pengusulan dua nama Cawabup Bintan belum ada dari rekomendasi DPP Partai Golkar. Hard copy rekomendasi dua nama Cawabup dari DPP Golkar belum diterima Bupati Bintan.

Usai rapat paripuran, Ketua DPD Partai Golkar Bintan Fiven Sumanti memohon maaf, lantaran ada miss komunikasi terkait pengusulan Cawabup Bintan. Partai Golkar kata dia, menyetujui usulan dua nama yakni Ahdi Muqsith dari Demokrat dan Dhenok Puspita Sari dari PKS yang diusulkan menjadi calon Wakil Bupati Bintan.

“Tadi Pak Bupati sudah memerintahkan untuk menjemput ke DPP. Senin pekan depan, saya akan ke DPP menjemput surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar,” kata Fiven Sumanti.

Golkar, kata dia, akan membahas dengan fraksi lainnya, untuk proses pencalonan nama Cawabup ini. Soal sidang paripurna, ia mengatakan agendanya memang penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Karenanya ia menyelesaikan sidang sesuai agenda.

Paripurna penyampaian LPP APBD 2022 ini, awalnya diikuti 20 orang anggota DPRD Bintan. 12 orang dari tiga fraksi walk out. Sedangkan 8 orang lainnya tetap mengikuti rapat paripurna. 6 orang dari Fraksi Golkar dan 2 orang dari PDIP bagian dari Fraksi Hati Nurani Perjuangan Rakyat.

“Ya, kalau kami, mau sidang ditanya dulu agendanya. Tadi itu, agenda penyampaian LPP, yang kita ikuti saja,” sebut Indra Setiawan. (***/eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...