Lansia di Bintan Terima Bansos, Fiven Apresiasi Mensos

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) Rumah Bahagia Bintan Hj Fiven Sumanti, menyampaikan apresiasi kepada Menteri Sosial, BRSLU Budhi Dharma, Dinsos Kepri dan Dinsos Bintan. Karena, dinilai sangat peduli dengan para lansia.

Hal itu disampaikannya, menyusul diterimanya bansos Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU ) 2020. Bansos dari Kementerian Sosial RI melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi kepada 60 orang lansia yang terdapat di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Sebelum bansos itu diterima, terlebig dulu sudah melalui verifikasi langsung. Untuk memastikan, lansia itu belum atau tidak pernah mendapatkan bantuan lain dari pemerintah baik PKH, BNPT dan lain-lain.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) Rumah Bahagia Bintan Hj Fiven Sumanti SIP dan didampingi oleh Dinsos Kepri dan Dinsos Bintan.

Usai penyerahan, Fiven dibantu enam orang pendamping LKS langsung bergerak mengunjungi lansia PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial).

Dan, menyerahkan kebutuhan lansia berdasarkan daftar kebutuhan (need assesment) yang sudah dilakukan sebelumnya.

Fiven Sumanti, menyampaikan bahwa setiap PPKS akan mendapatkan bantuan masing-masing senilai Rp2.700.000. Yang penggunaannya dibagi dalam tiga tahapan.

Tahap pertama, bantuan untuk lansia (sembako, susu, vitamin dan lain-lain senilai Rp1.500.000. Tahap kedua, dukungan keluarga Rp500.000. Tahap ketiga, perawatan sosial terapi senilai Rp700.000.

“Bantuan ini dirasa sangatlah bermanfaat dan tepat sasaran. Karena, lansia juga ikut merasakan dampak dari adanya wabah Covid-19,” kata Fiven.

Ditambahkannya, “Semoga bansos ini dapat berkesinambungan dan lebih banyak lagi lansia yang mendapatkan bantuan seperti ini.” (mat)

Loading...