Provinsi Kepri Tuan Rumah Rakornas KPI dan Harsiarnas 2023

Loading...

Suarasiber.com – Provinsi Kepri kembali menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional. Kali ini untuk penyelenggaraan Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan perayaan Hari Penyiaran Nasional (harsiarnas) ke-90 tahun 2023.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri menggelar rapat persiapan untuk kegiatan tersebut. Dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, Hasan SSos, di Ruang Rapat Gedung KSP, Jln. Basuki Rahmat (Bekas Aula Kantor Gubernur Lama), Rabu, 24 Mei 2023.

Dikatakan Hasan, berdasar hasil pelaksanaan Rakornas KPI dan Harsiarnas ke-89 di Kota Bandung, telah menunjuk Provinsi Kepri sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan serupa tahun 2023.

“Nanti rencananya pelaksanaan acara tersebut akan digelar di Lagoi, Bintan tanggal 9 hingga 12 Agustus 2023,” ujar Hasan di hadapan Suyono Saeran selaku Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, Ketua KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Provinsi Kepri Hengki Mohari SPt, Mukhamad Rofik selaku anggota komisioner KPID Provinsi Kepri beserta para pejabat eselon III, pejabat fungsional dan staf Kominfo Provinsi Kepri.

Rakornas KPI dan Harsiarnas 2023 di Kepri bakal diikuti 500 – 600 orang dari 38 provinsi di Indonesia. Mereka adalah anggota KPID dari seluruh provinsi, kepala dinas kominfo dari setiap provinsi, direksi lembaga penyiaran di Indonesia serta kementerian terkait atau stakeholder yang berhubungan dengan KPI dan Harsiarnas.

“Akan dimeriahkan berbagai acara seperti International UMKM Expo yang diikuti 200 UMKM se-Provinsi Kepri, Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa, seminar nasional peran media televisi dalam penanggulangan stunting, dialog interaktif dengan tema “Penyiaran Merawat Perbatasan,” jelas Hasan.

Kegiatan pendukung lainnya ialah penanaman mengrove.

Hasan menjelaskan, puncak acara ada gelaran budaya, hiburan artis, pameran foto dan penandatanganan bersama “Siaran Sehat Pemilu Bermartabat”.

Ketua KPID Provinsi Kepri Hengki Mohari memaparkan teknis acara yang meliputi waktu pelaksanaan acara, jenis kegiatan dan penanggung jawab acara.

Sementara itu, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri Suyono Saeran turut menjelaskan terkait acara literasi yang melibatkan peserta dari mahasiswa dibutuhkan kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Kepri.

“Literasi yang menghadirkan mahasiswa dibutuhkan tim secara khusus untuk memastikan kehadiran mereka sebagai peserta dari berbagai perguruan tinggi dengan terlebih dahulu menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut,” jelas lelaki kelahiran Magetan, Jawa Timur ini. (***/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...