Diprakarsai Kopdar Kepri, 138 Warga Sumbangkan Darahnya dalam Sehari

Loading...

Suarasiber.com – Yayasan Koordinator Pendonor Darah (Kopdar) Kepri menyelenggarakan Donor Darah Akbar ke-5, Senin (20/3/2023) di Kantor PMI Tanjungpinang, Jalan Rumah Sakit.

Donor darah terlaksana atas dukungan anggota DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan (CSL), PSMTI, Perkumpulan Teo Chew Tanjungpinang dan PMI Kota Tanjungpinang.

Acara dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pada hari itu terkumpul 138 pendonor darah, yang mendapatkan bingkisan berupa sembako.

“Tidak diduga hari ini banyak yang ikut serta mendonorkan darah,” ungkap Ketua Kopdar Kepri Indonesia, Suryani.

Ia juga menyampaikan, Donor Darah Akbar Kopdar Kepri adalah agenda kegiatan kopdar per tiga bulan. Tujuannya ialah, agar stok darah di PMI Tanjungpinang tidak kosong. Selain kali ini untuk menyambut Ramadan dengan kegiatan positif.

Merujuk sejumlah sumber, manfaat donor darah adalah sebagai berikut:

  1. Membantu Pasien

Darah yang didonorkan dapat digunakan untuk mengobati pasien dengan kondisi medis yang memerlukan transfusi darah, seperti orang yang mengalami kecelakaan, yang sedang menjalani operasi, atau pasien yang membutuhkan transfusi darah rutin karena kondisi medis yang mereka alami.

2. Meningkatkan Kesehatan

Meningkatkan kesehatan Donor darah juga dapat membantu meningkatkan kesehatan orang yang mendonorkan darah. Setelah donor darah, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang telah hilang, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh.

3. Meningkatkan Kesadaran Kesehatan

Melalui donor darah, seseorang dapat menjadi lebih sadar akan kesehatannya dan mempelajari lebih banyak tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan, seperti pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif.

4. Ciptakan Kebersamaan

Donor darah juga dapat membantu menciptakan rasa kebersamaan dan persatuan di antara para donor, karena mereka berpartisipasi dalam upaya membantu orang lain.

5. Menstimulasi Sel Darah Merah

Selain meningkatkan kesehatan, donor darah juga dapat membantu menstimulasi produksi sel darah merah, sel darah putih, dan platelet yang dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi, penyakit, dan kondisi medis lainnya.

6. Kesehatan Psikologis

Donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan psikologis, seperti perasaan bahagia dan positif karena memberikan kontribusi positif pada orang lain. Hal ini dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan kesejahteraan mental. (syaiful)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...