Damri Operasikan Bus Rute Kupang – Dili, Hari Pertama Gratis

Loading...

Suarasiber.com – Damri resmi mengoperasikan dua busnya untuk melayani perjalanan perdana dari Kupang ke Dili, Timor Lesta, Kamis (30/3/2023).

Dua bus yang disediakan pun penuh terisi. Di hari pertama ini Damri memang menggratiskan tiket penumpangnya.

“Telah resmi dibuka Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kupang – Dili mulai 30 Maret 2023,” tulis Damri di Instagram @damriindonesia.

Warga yang ingin menikmati fasilitas ini hanya tinggal menunggu apliasi Damri di ponsel lalu menunjukkan kepada petugas titik keberangkatannya.

Rute dari Kupang ke Dili melewati empat persinggahan. Pertama berangkat dari Terminal Bimoku pukul 06.00, 07.00 dan 08.00 WITA.

Lau dari Terminal Haumeni Soe pukul 08.00, 09.15 dan 10.15 WITA. Berangkat dari terminal ALBN Kefamenanu pukul 09.55, 10.55 dan 11.15 WITA.

Terakhir bus akan singgah di PLBN Motaain dan bergerak lagi oukul 12.40, 13.40 dan 14.40 WITA.

Melansir detik.com, General Manager Perum DAMRI Kupang Ruslan mengatakan jarak Kupang ke Dili mencapai 400 kilometer. Bus ini merupakan program Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) yang diinisiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain dua bus Damri juga diberangkatkan tiga bus Bagong memberangkatkan penumpang dari Indonesia ke Timor Leste. Sebaliknya, Pemerintah Timor Leste menyediakan lima bus untuk diberangkatkan dari Dili ke Kupang. Total, sebanyak 10 bus akan beroperasi melintasi dua negara.

“Setiap penumpang, awak bus, dan pengemudi rute Kupang-Dili diwajibkan membawa paspor. Saat berada di perbatasan, barang penumpang juga kan dicek oleh Bea Cukai sesuai ketentuan,” ujar Ruslan.

“Sebetulnya, keluar-masuk Timor Leste tidak ada perubahan karena peraturan Bea Cukai di perbatasan tetap berlaku. Yang membedakan itu bus penumpang langsung masuk, sehingga di perbatasan penumpang bisa turun untuk menunjukkan paspor dan kelengkapannya,” tambah dia.

Penumpang akan dikenakan perjalanan berbayar setelah 30 Maret 2023. Tarifnya sebagai berikut:

Bus AC non-toilet sebesar Rp 350 ribu
Bus AC dengan toilet Rp 375 ribu
Bus AC dengan fasilitas lengkap, seperti toilet, wi-fi, tv, mobile charger sebesar US$40-US$60 untuk tiap perjalanan.

Tarif tersebut merupakan ketentuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...