Hari Angkutan Nasional, DAMRI Kenang Awalnya Hanya Kereta Ditarik 2 Sapi

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selamat Hari Angkutan Nasional, 24 April 2020. Nah, baru tahu kan kalau di Indonesia ada Hari Angkutan Nasional?

Orang justru lebih tahu Hari Perhubungan Nasional pada 17 September. Akibatnya masyarakat menyambut dingin akan datangnya peringatan untuk hari ini, sebab banyak yang tidak mengetahui bahwa sejarah hari angkutan nasional ini.

Pada tangal 24 April 2020, laman damri.co.id mengajak kita untuk mengenang awal mula angkutan umum di Indonesia.

Dulu, angkutan umum hanya menggunakan tenaga hewan dan manusia. Seperti DAMRI yang pertama dikenal sebagai sebuah kereta angkut yang ditarik dua ekor sapi. DAMRI pada awalnya merupakan sebuah kereta sapi.

Dilansir dari laman tersebut, beberapa sejarah angkutan umum DAMRI tersimpan di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Seperti replika dari armada pertama DAMRI. Kereta dengan tenaga dua ekor sapi, dinamakan Cikar DAMRI.

Aktif digunakan pada masa perang kemerdekaan tahun 1945 hingga 1950. Awalnya armada ini digunakan di Banyumas, Jawa Tengah. Fungsi utamanya mengangkut senjata-senjata untuk keperluan militer.

Masa kejayaan Cikar DAMRI ini berakhir, ketika sudah banyak kendaraan-kendaraan bermesin di Indonesia.

Pada tahun 1946, DAMRI yang disingkat sebagai Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia berdasarkan Maklumat Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truck dan angkutan bermotor lainnya.

Transformasi terus berjalan hingga pada 2019, DAMRI bertransformasi didukung dengan armada baru berteknologi inggi, layanan focus pada pelanggan dan inovasi bisnis.

Perkembangan angkutan ini diharapkan meningkatkan sisi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi masyarakat. Perlu dipikirkan juga soal emisi gas buang dari angkutan karena polusi udara yang tercemar dari kendaraan bermotor berbahaya bagi masa depan lingkungan.

Mungkin tak banyak orang yang tahu akan Hari Angkutan Nasional yang diperingati per tanggal 24 April ini. Padahal hampir semua masyarakat pernah melihat atau menggunakan transportasi umum.

Semoga transportasi umum bisa menjadi lebih baik, sehingga mimpi untuk menikmati layanan transportasi yang aman dan nyaman saat berpergian dapat terwujud. (man)

Loading...