Google Umumkan PHK 12.000 Tenaga Kerjanya, Ini yang Diperoleh Karyawan

Loading...

Suarasiber.com – Raksasa teknologi, Google secara resmi mengumumkan PHK 12.000 karyawannya. Hal ini dilakukan secara global di seluruh perusahaan.

CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (20/1/2023) menyampaikan kabar yang mengejutkan itu.

Atas keputusan itu, Sundar Pichai mengaku bertanggung jawab penuh atas keputusan yang diambil. Ia sampaikan hal tersebut kepada karyawan melalui email.

Pemberhentian 12.000 karyawan itu sama dengan 6% dari total karyawan yang dimilikinya.

Ia juga bicara soal prioritas penting yang akan menjadi fokus dari Google, yaitu kecerdasan buatan (AI). Google memang harus menyesuaikan diri karena dunia AI terus berkembang, salah satu indikatornya ialah popularitas OpenAI dengan chatbot ChatGPT yang semakin digemari.

Pesangon sebanyak 16 minggu akan diberikan Google kepada karyawan di Amerika Serikat yang terdampak PHK. Jumlah tersebut masih ditambah tunjangan kesehatan selama enam bulan.

Sementara karyawan di negara lain akan menerima pesangon sesuai dengan aturan setempat. Pichai menambahkan PHK ini tidak akan mempengaruhi bonus yang diterima karyawan.

Kebijakan melakukan PHK ini bukan yang pertama di Google. Setidaknya dua perusahaan milik Google, Verily dan Intrinsic sudah lebih dahulu melakukan PHK karyawannya dalam skala kecil.

Verily adalah anak perusahaan Google di bidang kesehatan, dan Intrinsic, anak perusahaan yang fokus mengembangkan software untuk robot industri. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...