Larry Ellison Pendiri Oracle, Pekerja Kasar Kini Duitnya Rp1.068 T

Loading...

Suarasiberdotcom – Semakin banyak orang-orang kaya di dunia yang mengawali karirnya dengan keprihatinan. Bahkan pendiri perusahaan raksasa perangkat lunak penyimpan data Oracle pun termasuk di dalamnya.

Dikutip suarasiber dari Business Insider, ternyata Larry bukan terlahir dari orangtua yang kaya raya. Ia justru lahir pada tahun 1944 saat ibunya belum menikah. Praktis ia tak pernah berjumpa dengan ayah kandungnya.

Larry dibesarka oleh keluarga angkat, seorang imigran Yahudi dari kelas pekerja di Chicago.

Hingga menginjak masa kuliah, kesulitan juga belum pergi dari Larry. Dua kali ia menginjak bangku kuliah yakni University of Illinois Urbana-Champaign dan University of Chicago namun gagal.

Untuk bertahan hidup, Larry merantau ke California dan menerima pekerjaan kasar. Ia bekerja serabutan.

Uniknya, meski sukses mendirikan perusahaan IT, Larry mengaku mempelajari itu semua secara otodidak.

“Saya tidak pernah mengambil kelas ilmu komputer dalam hidup saya. Saya mendapat pekerjaan sebagai programmer, saya sebagian besar otodidak. Saya hanya mengambil buku dan mulai pemrograman,” ujarnya kepada media.

Pekerjaan sebagai programmer itu diterimanya di Ampex Corporation. Larry harus bertanggung jawab membangun database untuk CIA.

Pada tahun 1977, ia dan dua rekan kerjanya memilih resign untuk mendirikan perusahaan pengelola database mereka sendiri. Keputusannya didasari pemikiran logis, banyak perusahaan tidak mau mengambil risiko menggunakan produk baru.

Langkah dan strategi yang digunakannya juga terbilang nyentrik. Saat meluncurkan Oracle, ia tidak memberinya label versi 1.0, namun langsung versi 2.

Berhasil. Justru pelanggan pertamanya ialah CIA. Produk mereka kemudian menjadi database paling populer yang pernah dijual.

Kini Larry punya banyak harta, namun kaya ternyata bukan tujuannya.

Menurutnya, saat memulai Oracle yang diinginkan ialah membangun lingkungan di mana ia senang bekerja. Ia memang mengakui ingin mencari nafjah, namun tidak sekaya hari ini

Forbes mencatat, Larry berada di urutan kelima orang terkaya di dunia. Ia memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 75,8 miliar atau setara Rp 1.068,78 triliun (kurs Rp 14.100).

Sebuah kisah hidup yang menginspirasi. (mat)

Loading...