UIN Raden Intan Lampung Peringkat 61 Dunia Kampus Hijau Berkelanjutan

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menempati posisi 61 besar dunia untuk kategori Kampus Hijau Berkelanjutan berdasarkan penilaian dari UI GreenMetric World University Rankings Award 2022. Posisi ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berada di ranking 81 dunia.

Untuk Indonesia, UIN Raden Intan Lampung kembali meraih peringkat 8 kampus hijau berkelanjutan (The 8th Most Sustainable University in Indonesia). Posisi ini mengokohkan UIN Raden Intan Lampung sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi di luar pulau Jawa yang masuk 10 besar Perguruan Tinggi Hijau Berkelanjutan di Indonesia.

Melansir kemenag.go.id, Rabu (14/12/2022), pengumuman sekaligus penganugerahan peringkat UI GreenMetric World University Rankings Award 2022, disiarkan dari Balai Sidang Kampus UI Depok, Senin 12 Desember 2022.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan internasional terkait pengelolaan kampus hijau berkelanjutan dan juga pemeringkatan berdasarkan pada komitmen perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus. Untuk berada pada posisi sekarang, UIN Raden Intan Lampung harus bersaing dengan ribuan perguruan tinggi di dunia. Penghargaan ini diikuti 1.050 Universitas dari 85 negara di dunia, termasuk 126 Universitas di Indonesia.

Tahun 2022 merupakan tahun ke-5 UIN RIL turut serta dalam pemeringkatan tersebut. Pada 2018, kampus ini menempati posisi ke-18; 2019, pada urutan ke-11; 2020, berada di peringkat 10; dan tahun 2021, di peringkat 8.

Penghargaan diserahkan oleh Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek Nizam kepada Rektor UIN Raden Intan Lampung, Wan Jamaluddin Z. Ikut mendampingi, Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari.

Raktor UIN RIL bersyukur atas keberhasilan kampusnya mempertahankan peringkat ke-8. “Alhamdulillah capaian yang patut kita syukuri, mengingat seluruh perguruan tinggi berupaya keras untuk kampusnya masing-masing,” ujarnya di Lampung, Rabu (14/12/2022).

Wan Jamaluddin juga berterima kasih dan mengapresiasi Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) serta seluruh pihak yang sudah bekerja bersama atas capaian yang telah diraih.

“Saya berpesan kepada seluruh warga sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung untuk terus meningkatkan kinerja, dedikasi, loyalitasnya untuk terus mewujudkan sustainability campus karena tentu tahun depan akan semakin ketat persaingannya,” pungkas rektor.

Untuk itu, sambungnya, Wan Jamaluddin mengajak jajarannya untuk memupuk kebersamaan dan harmoni dalam menopang perbaikan kampus dari waktu ke waktu. Wan Jamaluddin berharap pemeringkatan ke-8 ini tidak hanya sekedar di atas kertas atau simbol saja, tapi tercermin dan terefleksi secara nyata di dalam kehidupan sehari-hari di kampus UIN RIL.

“Sehingga kita benar-benar dapat mewarsikan lingkungan hidup yang lebih baik bagi generasi mendatang,” tandasnya.

Berikut peringkat 10 besar perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric 2022:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  6. Universitas Negeri Semarang
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. UIN Raden Intan Lampung
  9. Telkom University
  10. Universitas Airlangga. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...