Penanaman Pohon Pinang di Media Jalan Bandara RHF Tanjungpinang Dimulai

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad didampingi Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar mengikuti senam sehat bersama masyarakat wilayah Ganet, Tanjungpinang di Median Jalan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF), Ahad (18/12) pagi.

Ratusan warga Tanjungpinang tampak semangat berolahraga bersama Gubernur Ansar yang saat itu menggunakan jaket olahraga berwarna oranye cerah. Usai senam bersama, Gubernur Ansar bersama Ketua TP-PKK Kepri menanam pohon pinang di yang menjadi salah satu asal usul penamaan Ibukota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Di sela-sela pohon pinang, akan ditanam pula bunga tanjung.

Memang senam sehat dan penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan selesainya pekerjaan tahap pertama revitalisasi Pedestrian dan Median Jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah Kota Tanjungpinang tahun anggaran 2022 yang menjadi salah satu program strategis Gubernur Ansar.

Dari pantauan, keadaan median jalan di sepanjang jalan masuk Bandara RHF sudah tampak rapi dan dihiasai berbagai ornamen yang melambangkan Provinsi Kepri. Mulai dari nama-nama dan lambang 7 Kabupaten dan Kota se Kepri, hingga pernak pernik yang memperindah kawasan tersebut.

Yang paling menarik perhatian adalah replika Kapal Bulang Linggi, sejenis kapal perang, dengan panjang 16 meter dan lebar 4 meter. lengkap dengan 2 layar, rumah bagian buritan, meriam 7 buah, papan penangkis dan bendera hula-hula berdiri megah di tengah-tengah median jalan.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan peresmian kegiatan revitalisasi median jalan dan pedestrian area sepanjang jalan masuk Bandara RHF akan dilaksanakan setelah pekerjaan tahap kedua selesai di tahun 2023 mendatang.

“Pekerjaan tahap pertama telah selesai 100 persen. Tahun depan dilanjutkan karena jalan harus dioverlay sebaik mungkin, kemudian menata lampu, beberapa asesoris seperti tanjak besar, keris, akan ditambahkan supaya ini menjadi pintu masuk ibukota Kepri yang bagus” ujar Gubernur Ansar

Gubernur Ansar yakin, dengan selesainya program strategis ini, akan menjadi salah satu ikon Kepri. Menurut Gubernur Ansar, beberapa Menteri dan Pejabat Pusat yang berkunjung ke Tanjungpinang, berpesan agar pintu masuk ibukota ini dapat menjadi kebanggaan.

Mengenai pemeliharaan dan kebersihan wilayah median jalan dan pedestrian, Gubernur Ansar menegaskan hal tersebut akan ditangani Pemprov Kepri. Namun Gubernur Ansar menghimbau semua pihak baik Pemko Tanjungpinang, para pemangku kepentingan, dan masyarakat ikut bersama-sama membantu memelihara fasilitas umum di lokasi tersebut.

“Kita imbau pemilik ruko di sepanjang jalan ini baik yang sudah ditempati maupun yang belum, menjaga kebersihan, terutama rumput liat yang tumbuh tinggi agar dibersihkan. Kita minta Ibu Wali (Walikota Tanjungpinang – red) untuk dapat mengawasi itu semua. Juga agar dapat menanam bunga-bunga di depan ruko. Kalau perlu, Pemko bisa menyediakan bibit-bibit bunga supaya ini benar-benar dapat menjadi ikon kita” pesan Gubernur Ansar usai menanam pohon.

Gubernur juga berharap dengan selesainya pekerjaan ini, kondisi pertokoan dan ruko di sepanjang jalan masuk bandara yang saat ini sebagian besar belum beroperasi, dapat mulai buka dan ikut memutarkan roda perekonomian Kepri. (ron/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...