Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian 39 Warga Hilang Gempa Cianjur

Loading...

Suarasiber.com – Pencarian terhadap 39 warga yang terdampak dari musibah gempa Cianjur, Jawa Barat masih dalam proses pencarian. Tim SAR gabungan ini dibagi menjadi tiga worksite dalam upaya pencarian yang dilakukan hari ini Jumat (25/11/2022).

Dikatakan Kepala Kantor SAR Bandung, Jumareil selaku SAR Mission Coorodinator, worksite A, fokus pencarian di sekitaran Warung Sate Shinta. Sebanyak 241 personel dikerahkan untuk shift pertama, dilengkapi dengan lima anjing pelacak. Sedangkan, 245 personel ditambah empat personel technical search (life detector) dikerahkan untuk shift kedua.

Sedangkan worksite B, pencarian difokuskan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Sebanyak 472 personel akan dikerahkan untuk pencarian hari kelima ini. Sedangkan, untuk worksite C, fokus pencarian di Kampung Cicadas, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Sebanyak 480 personel dikerahkan untuk pencarian ini

“Setiap SRU diharapkan bisa melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan pada worksites yang telah ditentukan,” terang Jumaril, Jumat (25/11/2022), seperti dilansir suarasiber.com dari pmjnews.com.

Tidak hanya evakuasi, hari ini diagendakan akan ada dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke wilayah terisolir dampak gempa Cianjur.

Di antaranya di Kecamatan Cugenang, Desa Bunikasih, Kecamatan Warung Kondang, Kampung Cikadal, Desa Nyalindung, Kampung Pasir Sapi, Kecamatan Mangunkerta serta Kecamatan Sarampad.

Adapun personel yang terlibat pada operasi SAR hari kelima tercatat yaitu 1.408 yang berasal dari 192 instansi atau organisasi. Total potensi terbagi menjadi SAR: 1.349 personel, logistik: 32 personel, medis: 27 personel (6 dokter & 21 tenaga kesehatan), ambulans: 61 unit (35 ambulans medis dan 16 ambulans jenazah).

Untuk alut yang digunakan antara lain 7 Unit Truk Personel, 3 Unit Rescue Truck, 4 Unit Rescue Compartment, 6 Unit Rescue Car Double Cabin, 2 Unit Excavator PUPR, 4 Unit Motor Trail, 1 Unit Drone, 5 Unit Palsar Ekstrikasi, 4 Set Palsar CSSR, 2 Set Alkom, 3 Set alat Evakuasi, 2 Unit Tenda Posko, 1 Unit Tenda Peralatan, 1 Unit Tenda Medis dan 1 Unit Pal Medis. (zainal)

Loading...