Dua Tahun Tertunda Pandemi, Tour de Bintan Kembali Digelar

Loading...

Sementara itu Bupati Bintan Roby Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan event ini bukan hanya kompetisi belaka, namun merupakan langkah awal kebangkitan pariwisata Bintan.

“Ini kesempatan Pemerintah Kabupaten Bintan dan Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi serta seluruh pentahelix kepariwisataan kabupaten bintan menyampaikan kepada dunia bahwa kabupaten bintan telah siap, aman, dan layak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal dan internasional. kembali siap bersama menunjukkan bahwasannya kepariwisataan kabupaten bintan telah pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat” ungkap Roby.

Tidak hanya dari sisi pariwisata, adanya event internasional Tour de Bintan ini juga memicu gairah perekonomian masyarakat terutama UMKM Bintan. Hal tersebut diungkapkan Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Menurut Dewi Ansar, pelaku UMKM makanan dan kerajinan di Bintan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memasarkan produk yang mereka hasilkan kepada atlet maupun wisatawan asing yang datang selama Tour de Bintan digelar.

“Mudah-mudahan berjalan lancar setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19,” harapanya.

Dewi Ansar menyakini Tour de Bintan ini akan menjadi pemicu sektor pariwisata di Bintan kembali berjaya setelah kasus aktif COVID-19 landai.

“Sektor pariwisata merupakan jantung pendapatan di Bintan, sehingga perlu dikembangkan secara serius,” katanya menegaskan.

Kegiatan olahraga dengan kelas internasional seperti Tour de Bintan turut menjadi pendukung untuk mendongkrak citra positif Indonesia di mata dunia. Pasalnya saat ini Indonesia tengah menjadi perhatian dunia sebab Indonesia merupakan presidensi utama G20 Tahun 2022 ini.

Tentu dengan banyaknya even olahraga tingkat internasional yang dikemas dengan ciamik seperti Tour de Bintan mampu menambah nilai positif bagi Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Riau. Terlebih Provinsi Kepulauan Riau merupakan Provinsi ke-tiga terbesar setelah DKI Jakarta dan Bali dalam hal kunjungan wisatawan mancanegara. Maka presidensi G20 dan even sport-tourism bisa menjadi kolaborasi yang apik di Kepri. (humas diskomindo kepri)

Loading...