free page hit counter

Pemuda Singapura Ini Pilih jadi Sopir Bus Meski Diterima Kuliah di 3 Kampus Negeri

Loading...

Suarasiber.com – Keinginan atau cita-cita sejak kecil seseorang kadang tak tergantikan meski waktu terus berjalan. Inilah yang dialami seorang pemuda 23 tahun warga Singapura.

Melalui akun TikTok @goaheadsingapore, Matthew mengaku sudah jatuh cinta dengan bus sejak usianya 7 tahun. Tak hanya menyukai, ia sering memotret bus di jalan lalu menggambarnya.

Namun ketertarikannya pada bus mulai berkurang karena melihat modelnya banyak yang sama. Hal tersebut dialaminta pada rentang waktu 2017 sampai 2021.

Pada tahun 2021 ia mendapatkan lisensi mengemudi saat menjalani wajib militer untuk negaranya. Namun tawaran lain juga datang secara berbarengan. National University of Singapore, Singapore Management University dan Nanyang Technological University memberinya kesempatan untuk kuliah.

Namun Matthew kemudian lebih memilih menjadi sopir bus. Saat berada di kabin bus, minatnya terhadap bus mulai bangkit lagi. Saat mengendarainya, ia menyadari pekerjaannya lebih dekat ke hati sehingga merasa nyaman.

Bukan berarti tak ada kekhawatiran orang tuanya dengan pilihan pekerjaan itu. Sebagai orang tua, mereka khawatir jika gajinya sebagai sopir bus cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Namun Matthew meyakinkan mereka sehingga diizinkan.

Ia menjanjikan, menjadi sopir bus adalah semacam batu loncatan untuk bekerja di dunia yang masih ada hubungannya dengan transportasi. Selain mengincar posisi lain, ia menikmati dengan memulainya dari level paling bawah, sopir.

“Menjadi sopir bus tidak dituntut oleh bos dan bisa setiap hari melihat pemandangan indah,” ungkapnya di medsos.

Ada alasan lain mengapa Matthew tertarik menjadi sopir bus. Ibu baptisnya ternyata menekuni pekerjaan yang sama dengannya. Dan ia tak pernah melihat perempuan itu hidupnya kekurangan.(zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...