free page hit counter

Kawasan Geopark Maros-Pangkep Jadi Warisan Dunia UNESCO Global Geopark

Loading...

Suarasiber.com – Kawasan Maros-Pangkep Geopark resmi menjadi warisan dunia atau UNESCO Global Geopark. Pengakuan ini lewat Rapat Dewan Council Unesco Global Geopark (UGG) yang digelar di Thailand, Ahad (4/9/2022).

Melansir dari maroskab.go.id, Selasa (6/9/2022), Bupati Maros HAS Chaidir Syam menyampaikan rasa syukur atas capaian besar ini.

Menurutnya, hal itu dicapai atas dukungan, doa dan sinergitas masyarakat bersama seluruh pihak terkait. Namun sekaligus tantangan ke depan agar kawasan Maros-Pangkep Geopark tetap terjaga kelestariannya sebagai destinasi wisata dunia.

“Kami sangat bersyukur dan mendapatkan info langsung dari Thailand. Sebuah kebahagiaan and kebanggan tersendiri Kawasan Geopark Maros-Pangkep ini akhirnya ditetapkan sebagai warisan dunia.

Ini artinya, perjuangan masyarakat dan seluruh stakeholder yang selama ini menjaga dan melestarikan kawasan tersebut mendapatkan atensi dan apresiasi dunia,” ujar Bupati.

Foro – instagram @khaidirr_

Bahkan, seusai Maros-Pangkep resmi ditetapkan sebagai UGG, Bupati HAS Chaidir Syam langsung menyampaikan “gratitude expression” melalui video-call dengan General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Dedy Irfan didampingi Miss Martina yang mengikuti langsung rapat UNESCO di Thailand.
Ungkapan itu terkhusus disampaikan Bupati kepada Miss Martina yang merupakan salah seorang Assesor UGG yang pada beberapa waktu lalu melakukan penilaian di Kawasan Geopark Maros-Pangkep.

Dedy Irfan pun bersyukur karena perjuangan pemerintah maupun masyarakat Maros dan Pangkep selama ini akhirnya terwujud. Ini berkat kerja keras seluruh pihak, sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Maros Hj Suhartina menjelaskan, pengakuan UNESCO sekaligus menjadikan Maros-Pangkep sebagai destinasi kelas dunia.

“Setelah tim kembali dari Thailand, kami akan segera melakukan rapat koordinasi untuk langkah-langkah selanjutnya karena kemarin saat kunjungan Tim Assesor, ada 9 rekomendasi yang diberikan dan itu akan kita tindaklanjuti,” ungkapnya.

Suhartina selaku Ketua Pokja Penyambutan Tim Assesor UNESCO Global Geopark Maros-Pangkep sendiri mendapatkan penghargaan dari UNESCO Global Geopark Rinjani-Lombok, pada Agustus lalu.

Ia dinobatkan sebagai Kepala Daerah Wanita, Inspirasi Geopark Indonesia: Women Empowerment dalam agenda Geotourism Conference & International ke-3 di Hotel Raya Lombok atas segala atensi dan dedikasinya dalam upaya mendorong Kawasan Maros-Pangkep Geopark diakui sebagai warisan dunia UNESCO Global Geopark. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...